JAGA AGAR TETAP SIRKULASI
Sobat biker yang seplakannya masih menggunakan tipe aki basah , pastinya tahu dan pernah melihat ada slang yang ukuranya sedang dan tidak terlalu panjang yang ada disisi box aki .
Pastinya slang tersebut bukan pajangan atau pemanis tampilan aki . Melainkan mempunyai fungsi untuk uap air aki pada saat cairan yang ada dalam aki sedang di charge / strum , baik itu sedang di cas oleh kiprok atau oleh alat strum khusus aki.
Pastinya slang tersebut bukan pajangan atau pemanis tampilan aki . Melainkan mempunyai fungsi untuk uap air aki pada saat cairan yang ada dalam aki sedang di charge / strum , baik itu sedang di cas oleh kiprok atau oleh alat strum khusus aki.
Hal tersebut disebabkan karena aki basah masih menggunakan cairan berupa liquid electrolyte yang besifat korosive , tak keran bila uap yang keluar berbentuk cairan dan menetes pada salah satu bagian komponen bisa rusak . Terutama bagian logam yang dilapisi oleh cat dan akan timbul karat bila di diamkan berlarut - larut .
Hati - hati dengan air aki , jika kepala aki retak air yang menguap bisa membuat mur dan baut pada kepala aki berkarat . Dianjurkan bila memasang aki basah lubang untuk penguapan aki harus di pasang , sebab kalau tidak dipasang akan membuat cairan yang menetes hasil penguapan tercecer dan merusak bagian logam yang lain , bahkan bisa melukai sobat sendiri aliran slang tidak terarahkan ke bagian bawah atau tanah .
Usahakan posisi slang lurus ke bawah dan tidak terhalang komponen lain apalagi bila sampai tersumbat , uap tidak terbuang keluar yang berakibat merusak pada bagian motor yang lain.