24.1.15

DAFTAR CDI STANDAR FAVORIT

Cara meningkatkan performa motor banyak caranya selain memperbesar kapasitas mesin, langkah mengaplikasi CDI bisa ditempuh. Tentu memakai CDI racing, bisa juga memakai CDI standar original. Langkah ini biasa dipakai mekanik untuk keperluan balap dan harian serta turing. Berikut CDI standar favorit yang jadi buruan :                                   

JUPITER Z

Buat pacuan harian masih banyak pengguna Jupiter Z memilih CDI jupiter benerasi pertama dengan kode 5TN . CDI ini diklaim mempunyai batas limiter lebih tinggi ketimbang jupiter Z generasi baru sehingga kitiran mesin bisa lebih tinggi lagi tanpa harus ribet seting tinggal colok saja memasangnya . Semua tahu kalau kwalitas komponen OEM itu lebih awet dan bisa dipakai untuk generasi jupiter Z baru tanpa masalah . Alternatif lain adalah bisa mencaplok CDI kepunyaan Yamaha Spark 110 atau jupiter versi Thailand dengan kode 5LL .Tariakn atas sama - sama sip . Kalau mau lebih sip lagi bisa comot punya Yamaha X1 komponen yang punya kode 5LN ini versinya lebih tinggi makannya untuk mendapatkannya pun susah . Untuk bandrol CDI ini bervariasi untuk yang berkode 5TN ada dikisaran Rp 500 ribuan dan untuk yang berkode 5LL ada dikisaran Rp 600 ribuan.


YAMAHA MIO


Banyak para dragster memuji CDI berkode 5W milik yamaha fino Thailand ini karena mantap mendongkrak putaran atas . Dijual dengan kisaran harga Rp 700 ribuan cdi ini diburu banyak orang saking larisnya sampai - sampai muncul versi aba - abal harga tak sampai separuhnya ciri - ciri bisa dikenali pada bagian yang ada colokan terbuat dari karet empuk dan ketika ditekan kuku.


SUZUKI SHOGUN
    
Heboh CDI dari Suzuki Shogun 110 generasi pertama di tahun 90an terus berlanjut . komponen buatan Sindengen Jepang tipe DC ini masih banyak diburu karena mudah untuk dipasang pada Shogun 110 Shogun 125 hingga Honda Mega Pro yang memiliki pick coil sama panjang yaitu 15 mm kendalanya ckup susah mencari CDI Shindenger jepang kalau versi KGD masih mudah di dapatkan.


KAWASAKI NINJA 150 R
 
Buat kawasaki ninja 150 R bisa caplok CDI Denso Jepang dengan kode 2119 - 1454 CDI ini nggak sembarangan karena ini khusus bawaan Kawasaki KRR 150 SE Serpico . Akselerasi akan lebih galak  dan top speed naik drastis . Untuk pemasangan harus merubah pulser dahulu dengan memajukannya 0,8 - 0,9 dengan menggunakan pertamax plus .