21.7.17

GEJALA & CIRI - CIRI KOMPONEN CVT HARUS GANTI





Terlepas dari masalah seputar mesi motor matik Komponen pada rumah CVT mempunyai tanda atau ciri jika kondisinya sudah minta ganti . Mulai dari selip dan timbulnya suara berisik pada CVT . Agar tidak salah penanganan hendaknya kita lacak apa saja yang bisa menimbulkan gejala - gejala tersebut diatas . Berikut gejala atau ciri - cirinya :


ROLLER PEANG BUAT SUARA CVT KASAR

Pully primer atau pemutar cvt memang jarang rusak . Tapi roller pendorong gerak buka tutup yang berada di mangkuk puly bisa habis atau peang sebelah akibat gesekan . Apalagi cara bawa motor yang seenaknya . Jika bentuknya sudah tak sempurna atau peang yang muncul di rumah cvt suara...ker..ker lumayan keras pada saat akselerasi dan parah parahnya putaran atas tersendat . Itu gejala roller harus diganti


BELT MENDECIT

Jika didalam rumah cvt timbul suara mendecit segera cek kondisi belt cvt . Biasanya sabuk penghubung putaran pulli ini selip . Adapun penyebab selip biasanya belt sudah tidak lentur lagi atau getas serta kendur . Ketebalan dan kemiringan bisa juga sebagai penyebabnya. Bisa terlihat jika belt sudah minta ganti yaitu ditandai dengan retak - retak atau sobek .


KAMPAS DAN PER SENTRIFUGAL

Gejala kampas sentrifugal sudah mulai tipis hampir sama dengan gejala kerusakan pada belt selip . Tarikan awal yang lambat dan pada putaran 3000 rpm motor seperti mau loncat sendiri yang disebabkan jarak mainnya yang mulai menjauh


PIN GUIDE KURANG PELUMASAN

Ini bahaya nya bila roller , kampas kopling dan rumah kopling sentrifugal rusak dan tidak segera diganti . Komponen lain yang diserang adalah lubang pin guide di pulli sekunder terkikis atau rusak . Ini disebabkan karena tidak ada pelumasan . Jika sudah rusak akan timbul suara kasar dan berisik dengan keras dan disertai putaran roda belakang yang tersendat ketika motor jalan


RODA BELAKANG BERPUTAR WALAUPUN PADA SAAT LANGSAM

Roda belakang berputar terus walaupun dalam keadaan langsam dan tidak ditarik gas adalah gejala yang menunjukan mangkok sentifugal sudah tak lagi bulat atau penjol hal ini biasanya disebabkan oleh perlakuan ngegas lama dan direm secara mendadak yang berulang kali atau kerap dilakukan pemakai

Dengan mengenali gejala - gejala tersebut diatas setidaknya membuat sobat semua jadi lebih mengerti akan kondisi pacuannya dan terhindar dari montir - montir nakal