26.3.15

PERBANDINGAN NOKEN AS RACING HARIAN AFTERMARKET





Banyak perdebatan dari sobat para pecinta kebut aspal sekarang ini tentang mana yang paling sip perihal noken as racing aftermarket yang diaplikasi pada tunggangannya . Terlepas dari itu semua sebenarnya tiap - tiap produsen yang mengeluarkan produknya pastinya telah di ukur dan di uji coba agar penerapanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sobat biker semua . Berikut ini dihadirkan spesifikasi noken as racing dari begitu banyaknya produk noken as aftermarket yang bisa jadi perbandingan sobat sekalian .

NOKEN AS STANDAR
Sebagai pembanding untuk komparasi ini noken as standar bisa dipakai patokan dengan ukuran celah klep yang digunakan 0.1 mm . Noken as Jupiter Z sebagai pembanding .

IN TAKE
Buka 6 derajat sebelum TMA
Tutup 37.5 derajat setelah TMB
Durasi 6 + 180 + 37.5 = 223.5 derajat

EXHAUST
Buka 27.5 derajat sebelum TMB
Tutup 6 derajat setelah TMA
Durasi 27.5 + 180 + 6 = 213.5
Angkatamn klep 25.6 mm dan Over lap 12 derajat
Keterangan : Klep buang durasinya membuka lebih sedikit atau waktu membuka klep buang lebih cepat .


NOKEN AS MEREK WRD

IN TAKE
Buka 4 derajat sebelum TMA
Tutup 48 derajat setelah TMB
Durasi 4 + 48 + 180 = 232 derajat
angkatan klep 24.3 mm

EXHAUS
Buka 36 derajat sebelum TMB
Tutup 16 derajat setelah TMA
Durasi 36 + 180 + 16 = 232 derajat
angkatan klep 24.6
Over lap 2 derajat
Keterangan : Noken as ini nafas bawahnya di buat panjang . Nafas di putaran atas juga panjang dengan kata lain seimbang bawah dan atasnya cocok buat motor korek harian karena power atas dan bawahnya keluar . Bagi yang ingin menaikan kompresi gak usah takut klep bakal tabrakan karena angkatan klep di buat rendah jadi aman - aman saja .


NOKEN AS HRP

IN TAKE
Buka 1 derajat sebelum TMA
Tutup 52.5 derajat setelah TMB
Durasi 1 + 180 + 52.5 = 223.5
Lift 26 mm

EXHAUS
Buka 22 derajat sebelum TMB
Tutup 28.5 derajat setelah TMA
Durasi 22 + 180 + 28.5 = 230.5
Lift 26.1 mm
Over lap 29.5 derajat
Keterangan : Nafas mesin dibuat lebih panjang diputaran atas sedangkan nafas di putaran bawah dibuat cepat sehingga membuat perpindahan gigi lebih cepat dan karna lift nya yang lumayan tinggi pemakai jangan sampai salah seting hingga mengakibatkan klep dan piston tabrakan [ warning ]


NOKEN AS CLD

IN TAKE 
Buka 0 derajat sebelum TMA
Tutup 51 derajat setelah TMB
Durasi 0 + 180 + 51 = 231 derajat
Lift 26.3 mm

EXHAUST
Buka 23 derajat sebelum TMB
Tutup 27 derajat setelah TMA
Durasi 23 + 180 + 27 = 230 derajat
Lift 26.6 derajat
Over lap 27 derajat
Keterangan : Dibanding noken as lain angka pada noken as ini kecil sehingga membuat karakter nafas bawahnya sangat cepat dan lebih cepat minta pindah gigi . Perlu diperhatikan bagi yang mau papas head silinder agar tidak terlalu banyak agar tidak bertabrakan klep dan piston karena angkatan klepnya cukup tinggi .



sumber : berbagai sumber