25.3.15

TIPS BILA MEMBELI KAWASAKI NINJA 250 R BEKAS




Dengan dihadirkannya New kawasaki Ninja 250 FI jadi pilihan baru buat pecinta motor sport dua silinder Kawasaki ini dan berimbas pada bursa motor seken Ninja 250 cc ini . Buat sobat yang kepincut dan berniat membeli walau dengan kondisi bekas hendaknya tak asal beli saja . Namun harus atau setidaknya memperhatikan hal - hal seperti dibawah ini agar tidak merasa rugi di kemudian hari .


SPIDOMETER
Dari spidometer ini akan terlihat jarak kilometer yang telah di tempuh oleh motor itu . Terkadang ada pedagang yang curang akali angka pada spidometer . Bila angka kilometer yang tertera sedikit hendaknya sobat cek kondisi bodi nya , piringan cakram dan yang lainnya .


BODI DEPAN
Perhatikan antara handgrip dan handle kopling . Jika ada yang lecet parah lanjutkan pada bagian fairing . Bila motor pernah terjatuh pasti sambungan pada masing - masig fairing tidak rapat lagi . Nantinya walau pun sobat merekondisi bodi tersebut tak akan sempurna lagi .

MESIN
Jika angka jarak tempuh pada spidometer sudah menunjukan angka di 30 ribu atau 40 ribu kilometer , panaskan mesin selama 15 menitan . Dengan tujuan agar langsam stabil masih berfungsi normal . Lihat juga pada bagian karet silinder apakah ada rembesan oli dan dengarkan juga suara mesin pada bagian ini apakah masih halus apa tidak .


KAKI - KAKI
Perhatikan dudukan sokbreker belakang . Apakah terlihat ada ubahan atau tidak . Jika terlihat ada rubahan kemungkinan motor tersebut pernah mengganti kaki - kakinya dengan limbah moge . Lihat dan buka bagian jok agar dudukan sokbreker bagian atas terlihat . Sedangkan untuk sok depan cukup ditekan berulang - ulang untuk mengetahui apakah sok bocor atau tidak .



BODI BELAKANG
Untuk bagian belakang perhatikan bodi dengan cara membuka jok agar terlihat masih bagus atau tidaknya baut yang mengunci antara bodi dan dudukannya . Karena biasanya pada bagian ini kerap dibongkar pasang oleh pemilik sebelumnya .


Berikut tabel dan harga pajak buat sobat yang bisa jadi bahan pertimbangan :

Harga komponen fast moving
Gir belakang                Rp 260 ribu
Gir depan                    Rp 140 ribu
Rantai                          Rp 1.150 ribu
Filter oli                       Rp 45 ribu
Kampas rem                Rp 205 ribu
Kabel kopling              Rp 82 ribu
Kabel gas buka            Rp 72 ribu
Kabel gas tutup           Rp  63 ribu

Harga motor
Tahun 2008                 Rp 39 juta
Tahun 2009                 Rp 41 juta
Tahun 2010                 Rp 42 juta
Tahun 2011                 Rp 44.5 juta

Pajak kendaraan per tahun
Tahun 2008                 PKB Rp 656 . 300
Tahun 2009                 PKB Rp 553 .500
Tahun 2010                 PKB Rp 606 .000
Tahun 2011                 PKB Rp 599 . 400


sumber : berbagai sumber