24.3.15

BIAYA PERAWATAN MOTOR MINERVA 250 CC





Hampii semua produsen motor di Indonesia mengeluarkan tipe motor sport 250 cc . Segmen ini cukup berkembang sejak lima tahun lalu dan kini hampir semua merek memiliki tipe ini . Minerva salah satunya dan buat pengguna minerva tipe Migelli SE atau ME 250 , perawatan setelah masa garansi habis tentu penting dilakukan . Dengan tujuan tentunya agar performa motor tetap terjaga dan terawat .

Jika sudah lewat masa satu tahun sebaiknya periksa kondisi tangki bensin , terutama bila telah melawati musim hujan . Karena tutup tangki rawan terkena air hingga membuat air masuk dalam tangki . Selain tutup tangki pengecekan kelistrikan pun sebaiknya dilakukan .

Migelli ini memakai lampu yang watt nya cukup besar yaitu 55 watt . Karena arus yang dibutuhkannya besar beberapa kasus kerap terjadi seperti soket - soket terbakar dan jika terbakar akan terjadi korslet yang ujungnya akan merembet pada jalur kelistrikan yang lain .

Untuk minyak rem perlu juga diperhatikan . Penggantian minyak rem tergantung pompa rem itu sendiri jika kwalitasnya bagus pastinya minyak ren takan berkurang sekalipun dalam waktu yang lama . Untuk filter udara motor Migelli menggunakan tipe busa sehingga cukup dibersihkan berkala setiap 2.000 kilometer dan kelipatannya .

Komponen lain yang dilakukan pergantian berdasar kilometer pemakaiannya seperti kampas rem pergantiannya dilakukan pada kilometer 8.000 . Busi merek NGK pergantiannya tiap 2.000 kilometer dan oli setiap 2.000 km . Termasuk bosh arm sebaiknya pergantiannya setelah pemakaian 1.5 tahun.

Berikut daftar harga onderdil pada saat perawatan dilakukan :
Kampas rem depan                       : Rp 35.000
Kampas rem belakang                   : Rp 97.000
Busi NGK                                     : Rp 20.000
Oli repsol                                      : Rp 33.000
United oil                                      : Rp 31.000
Bosh arm                                      : Rp 130.000/set