20.3.15

AKALI STARTER ELEKTRIK YAMAHA XEON NGELOS




Yamaha Xeon keluaran 2010 awal sering kedapatan ngelos pada saat di elektrik stater pastinya buat pemiliknya itu lumayan bikin kesel alhasil kick stater jadi pilihan terakhir . Penyebabnya tak salah lagi kalo bukan per yang berfungsi menekan tonjolan atau pelor stater sudah tak lagi kuat menekan alias sudah loyo . Kondisi tersebut disebabkan salah satunya oleh umur dari komponen tersebut .

Tapi sobat tak usah khawatir penyakit seperti itu bukanlah perkara besar . Untuk mengembalikan kinerjanya menjadi normal lagi sobat bisa mengganti per stater clucth xeon sobat dengan per stater kepunyaan saudara tuanya yaitu Mio sporty atau Nouvo .


Kenapa memakai per stater milik Mio atau Nouvo ini yang menjadi alasannya . Per stater xeon 125 per staternya menggunakan per model plat sedangkan Mio memakai model per atau pegas spiral . Secara kekuatan tentu model per atau pegas spiral lebih kuat di banding model plat .

Alasan berikunya adalah , Karena untuk repair kit per stater ini Yamaha tidak menjualnya . Sekalipun sobat membeli harus satu set dengan rumah staternya pastinya dengan harga Rp 373 ribu lumayan bikin kantong terkuras . Dengan memakai per stater Mio solusi teratasi dan sobat pun bisa berhemat karena per stater Mio hanya di bandrol Rp 15 ribu saja .

Jika per stater mio sudah sediakan  segera buka cover CVT dilanjut melepas pully depan dan rumah rollernya . lepas rumah stater clucth yang posisinya di balik rumah roller dengan cara ditarik . Akan terlihat pegas atau per dibaliknya .

Langsung saja sobat bisa sisipkan per stater milik mio diantara lipatan plat stater xeon . Tapi sebelumnya per stater Mio dipotong sedikit yaitu sekitar 1 cm . Kenapa harus di potong karena per mio dimensinya lebih panjang .

Setelah beres terpasang rakit kembali rumah stater seperti semula berikut dengan peranti CVTnya dengan proses kebalikan dari saat membongkar . Bila sudah terpasang rapi dan tak ada yang terlewatkan sobat bisa mencoba menghidupkan mesin memakai elektrik stater pasti penyakit ngelosnya teratasi .