SOCKBREKER MATIK
Secara umum sockbreker belakang matik mempunyai usia pakai yang lebih singkat dari pada sokbreker depan dikarenakan sebagian motor matik menerapkan suspensi tunggal yang letaknya di sebelah kiri .
Berbeda dengan monosok yang dianut pada bebek atau sprort yang letaknya tepat di tengah . Cepat tidaknya pergantian sokbreker tergantung dari cara pemakaian dan jalur yang sering dilewati
.Untuk mengetahui suspensi belakang sudah rusak memang agak sulit karena bagian komponen terletak didalam tabung sok . Tapi ada beberapa indikasi jika suspensi belakang rusak .
Pertama bisa kita rasakan dari [rebound] atau tendangan balik telat
Kedua jika diajak bermanuver terasa goyang . Namun untuk suspensi depan tidak demikian , suspensi depan bisa kita lihat indikasi kerusakanya seperti terlihatnya rembesan oli pada batang sok atau aus dan baretnya batang sok .
Jika terlihat kondisi seperti itu hendaknya diantisipasi dengan cara merepair atau memperbaikinya . Untuk sok depan kita bisa perbaiki bagian perbagiannya saja seperti sil , as sok , tabung dan per sok .
Berikut komponen - komponen pada suspensi depan dan harganya .
HONDA VARIO
- Sil sok : Rp 29.000
- Per sok : Rp 16.000
- As sok : Rp105.000
- Tabung sok : Rp 127.000
- Pipa suling : Rp 28.000
SUZUKI SPIN
- Sil sok : Rp 20.000
- Per sok : Rp 20.000
- Tabung sok : Rp 260.000
- As sok : Rp 120.000
- Minyak sok : Rp 10.000
YAMAHA MIO
- Sil sok : Rp 15.000
- Per sok : Rp 11.000
- Tabung sok : Rp 122.000
- As sok : Rp 88.000
- Minyak sok : Rp 20.000
- Pipa suling : Rp 50.000