PERAWATAN AKI MOTOR
Peran aki pada motor sangat vital sebagai sumber utama kelistrikan . Sebab itu harus kita pahami mengenai perawatannya terutama aki tipe basah . Karena berbeda dengan aki kering yang sangat mudah dalam hal perawatan . Biasanya umur atau usia pakai aki basah pada motor idealnya dua tahun Namun sekarang ini sering terdengar kasus perihal usia aki yang singkat . Ada cara agar aki basah sampean jadi lebih panjang usianya , simak ya........
Pertama , dalam mengisi air aki tentu ada aturannya disarankan agar pengisiannya tidak sampai melebihi batas maksimal tanda upper yang tertera pada bagian sisi aki bila sampai kepenuhan pasti akan meluap saat arus pengisian berjalan .
Kedua , pastikan cairan dalam aki tak pernah kurang dari tanda lower karena kandungan H2SO4 yang ada dalam aki dan selnya akan rusak dikarnakan beroksidasi dengan udara . Bisa terlihat bila kekurangan cairan warna selnya menjadi gelap dan disertai kerak yang menempel .
Ketiga , kita harus teliti dengan lubang ventilasi pada bagian sisi aki pada aki basah lubang ini berfungsi untuk sirkulasi dan saluran pembuangan . Karena arus listrik yang dihasilkan aki akan menyebabkan panas karenanya jangan sampai tersumbat .
Keempat , jangan sampai ada tumpukan kerak pada bagian terminal aki karena akan menghambat arus yan masuk terutama pada terminal + caranya bisa memberi olesan gemuk pada kedua terminal agar mudah untuk dilepas nantinya . Pastikan kondisi kiprok selalu baik .