PERHATIKAN FUNGSI DAN ARAH ROTASI
Perkembangan desain piringan atau cakram saat ini bisa dibilang sangat beragam , selain model standar dari pabrikan berbagai macam merk , bentuk dan ukuran tersedia dipasaran . Produksi cakram dirancang sesuai kabutuhan dan spesifikasi motor . Selain dari segi estetika cakram dibuat desain tertentu agar tampak sedap dipandang .
Pada umumnya model kembangan cakram ada dua model yaitu , model gerigi dan sirip tapi keduanya tetap punya fungsi yang prinsip sama hanya dari segi konstruksinya saja yang berbeda untuk model gerigi pinggiran cakram terdapat coakan yang simetris menyerupai lekukan pada gergaji atau gir , sedangkan untuk model sirip lekukannya hampir mirip gir tapi dengan ujung yang melengkung ke belakang .
Awal perkembangannya desain ini diaplikasi oleh motorcross yang berfungsi untuk membersihkan kotoran atau lumpur dan mendinginkan dengan sendirinya . Selain itu model ini dicetak oleh pabrikan agar bobotnya lebih ringan dan dimensinya dibuat tidak melingkar penuh . Akan tetapi daya cengkraman sedikit berkurang jika dibandingkan dengan yang cakram yang permukaannya penuh disebabkan cengkaram kampas rem pada permukaan tidak sepenuhnya tersentuh .
Tentang arah kembangan cakram , di cakram model gerigi arah rotasi tak menjadi masalah . Dengan desain kembangan yang simetris selama pemasangan cakram pas atau cocok dengan posisi kaliper tidak akan ada masalah .
Sedangkan untuk cakram berbentuk sirip ketika melakukan pemasangan harus memperhatikan arah sirip , jangan sampai terbalik dengan putaran yang memang dianjurkan . Karena jika dilihat dari segi konstruksi , ketika terpasang berlawanan sirip itu akan mendapat perlawanan gaya dari arah perputaran yang salah .