MENCARI SUMBER MASALAH
Hobi sobat yang suka memodifikasi mesin motor kesayangan kebanyakan menuntut kucuran bahan bakar lebih ke ruang bakar silinder . Banyak diantara sobat yang mengganti karbu bawaan dengan karburator yang berdiameter lebih besar . Yang jadi kendala harga karbu original berdiameter besar lumayan mahal
Sebagai penggantinya banyak juga sobat pencinta modifikasi menggunakan karbu KW yang tidak bisa dipungkiri kerap bermasalah . Yang paling sering muncul adalah gejala banjir pada karbu tersebut karena debit bensin pada mangkok kopling terlalu berlebih hingga keluar lewat lubang pembuangan . Lalu apa penyebabnya hingga muncul masalah tersebut .
Penyebabnya ada beberapa yang jelas komponen di dalamnya ada yang tidak berfungsi dengan benar . Pertama sobat bisa mengecek pada bagian pelampung dan jarum pelampung bisa saja posisi jarum dan kondisinya tidak bagus . Bila kondisi dan posisi nya tak bermasalah sobat tinggal mengecek posisi dan tinggi pelampung biasanya hal ini yang sering tidak sesuai ukuran .
Segera sobat atur ulang ketinggian pelampung dengan cara menekuk ujung dudukan jarum yang terbuat dari plat ke bagian bawah atau dalam hingga di dapat ukuran kurang lebih 1 mm atau bila menggunakan ukuran sobat bisa mengeceknya dengan cara mensejajarkan posisi pelampung atau terlihat rata .
Langkah selanjutnya bila diperlukan adalah dengan mengganti repair kit pada karburator sobat itu pun jika ada masalah pada tarikan atau performanya tapi jika tidak ada masalah pada performa sobat cukup menganti karet atau silnya saja agar dalam pemasangan mangkuk karburator menjadi benar benar rapat sehingga masalah banjir bisa teratasi .
Nah kalau sobat mengalami komponen atau karburator yang bermasalah tak usah beli karburator baru . Hanya dengan mengganti repair kit dengan yang baru yang sesuai dengan tipe karbu yang sahabat gunakan dan itu pun hanya di bandrol lumayan murah untuk repair kit karbu kw Rp 35.000 sampai Rp 50.000 dan untuk repair kit original di kisaran Rp 80.000 sampai Rp 150.000 .
Sebagai penggantinya banyak juga sobat pencinta modifikasi menggunakan karbu KW yang tidak bisa dipungkiri kerap bermasalah . Yang paling sering muncul adalah gejala banjir pada karbu tersebut karena debit bensin pada mangkok kopling terlalu berlebih hingga keluar lewat lubang pembuangan . Lalu apa penyebabnya hingga muncul masalah tersebut .
Penyebabnya ada beberapa yang jelas komponen di dalamnya ada yang tidak berfungsi dengan benar . Pertama sobat bisa mengecek pada bagian pelampung dan jarum pelampung bisa saja posisi jarum dan kondisinya tidak bagus . Bila kondisi dan posisi nya tak bermasalah sobat tinggal mengecek posisi dan tinggi pelampung biasanya hal ini yang sering tidak sesuai ukuran .
Segera sobat atur ulang ketinggian pelampung dengan cara menekuk ujung dudukan jarum yang terbuat dari plat ke bagian bawah atau dalam hingga di dapat ukuran kurang lebih 1 mm atau bila menggunakan ukuran sobat bisa mengeceknya dengan cara mensejajarkan posisi pelampung atau terlihat rata .
Langkah selanjutnya bila diperlukan adalah dengan mengganti repair kit pada karburator sobat itu pun jika ada masalah pada tarikan atau performanya tapi jika tidak ada masalah pada performa sobat cukup menganti karet atau silnya saja agar dalam pemasangan mangkuk karburator menjadi benar benar rapat sehingga masalah banjir bisa teratasi .
Nah kalau sobat mengalami komponen atau karburator yang bermasalah tak usah beli karburator baru . Hanya dengan mengganti repair kit dengan yang baru yang sesuai dengan tipe karbu yang sahabat gunakan dan itu pun hanya di bandrol lumayan murah untuk repair kit karbu kw Rp 35.000 sampai Rp 50.000 dan untuk repair kit original di kisaran Rp 80.000 sampai Rp 150.000 .