15.3.15

INDIKASI KOIL AKAN MATI



Salah satu komponen kelistrikan pada motor yang perannya sangat besar dalam peningkatan performa adalah koil . Komponen ini yang bertugas memperbesar arus dari cdi dan di patikan dan di transfer ke busi pada saat pembakaran . Besar kecilnya api busi tergantung dari koil yang mengalirkannya melalui kabel koil . Yang jadi masalah kalau tunggangan kita mogok yang disebabkan oleh komponen ini .

Sebenarnya apakah kinerja koil pada tunggangan sobat masih optimal apa tidak , bisa kita lacak kondisinya agar kejadian motor mogok tidak sobat alami di jalan . Jika koil sudah tidak optimal atau akan berujung mati kinerjanya [usang ] ditandai muncul serbuk putih seperti ketombe pada ujung kawat koil atau pun didalamnya yang akibatnya tegangan atau arus terganggu , saat dites pun warna api yang keluar dari kawat berwarna merah dan tidak biru lagi .

Untuk koil original kawat pada kabel jarang karatan paling - paling ujung kabel dekat cop busi patah sehingga arus menjadi bocor . Sedangkan untuk koil imitasi biasanya warna kawat berubah jadi hitam lantaran tidak kuat di lalui arus tegangan tinggi .

Sekalipun dalam kondisi tersebut diatas koil jenis apapun masih bisa berfungsi hanya saja performa atau kinerja pada mesin berkurang atau berakibat mesin sering mati namun bila kita diamkan beberapa saat akan hidup kembali .

Untuk meyakinkan kwalitas koil pada motor sobat silahkan sobat uji dengan avometer . Untuk motor harian ukurannya 0.64 - 0.78 ohm lalu kabel sekunder 11.4 - 14.0 kilo ohm . Dengan ukuran ini gap atau celah busi 0.75 mm dengan maksud agar apinya besar dan biru .



Related Posts:

  • TIPS & TRIK ATASI MASALAH PADA MOTOR INJEKSI Pada saat akan memulai berkendara motor, hal yang paling utama supaya motor dapat melaju adalah dengan menarik handle gas. Namun bagaimana jadinya apabila pada saat menarik handle gas terjadi ketidakstabilan seperti mot… Read More
  • SOLUSI ATASI IDLING STOP SISTEM BERMASALAH Sering kita dengar  pengguna motor Honda yang mengeluh karena teknologi Idling Stop System (ISS) pada motor Honda mereka berhenti berfungsi. Banyak pemilik yang bahkan langsung datang ke bengkel resmi  untuk di… Read More
  • TIPS & TRIK ATASI MESIN SCORPIO BERISIK Banyak biker pengguna Yamaha scorpio mengeluhkan mesin motornya berisik yang muncul di sekitar silinder head namun munculnya suara nya bias kadang ada kadang tidak dan agak sulit untuk di deteksi Jika sekilas su… Read More
  • CARA ATASI AGAR RANTAI V -IXON TAK BERISIK Pengguna Yamaha vixion series pasti hafal masalah yang sering timbulbpada rantai yang gampang kencang dan kendur dan berefek timbul suara berisik bikin biker gak nyaman dan gak enak dipakai Jika sudah kencang dan k… Read More
  • TRIK AGAR POLL STARTER MINI GP AWET Untuk menyalakan mesin mini gp yaitu dengan menarik poll starter . Cara menariknya pun tak sembarangan harus dengan perasaan dan tenaga yang cukup . Bila tidak hati hati poll starter akan trouble lost atau rusak pada b… Read More