19.9.17

MENYETING MOTOR MATIK UNTUK MUDIK


               PERLAKUKAN LEBIH SPESIAL
   
Mudik meenggunakan motor matik ? jangan tarik bos . Karena tunggangan ini termasuk spesial dibanding seplakan berjenis lainnya . Karena skuter matik memakai sistem penggerak transmisi CVT setidaknya memerlukan perhatian atau perlakuan lebih pada komponen yang satu ini daripada buang waktu percuma akibat mogok saat menuju kampung halaman sebaiknya dicek dahulu kebugarannya mulai dari kopling hingga sabuk pengerak atau belt

Tak lupa lakukan juga penyesuaian pada kaki - kaki mulai dari perangkat pengereman sampai roda untuk keselamatan sobat . Berikut poin - poin yang bisa sobat beri perhatian dan perlakuan spesial .


 KOMPONEN KOPLING

Didalam bagian CVT tergolong banyak komponen salah satunya sistem kopling tersebut Pastikan ketebalan kampas kopling masih dalam batas normal karena jika dipaksakan kopling akan selip dan tidak bisa menekan mangkuk kopling dengan sempurna . Tak lupa pastikan juga kekencangan mur mangkuk kopling . Karena ketika mudik pasti akan mengalami keadaan macet yang parah membuat kerja komponen tersebut harus benar - benar oke .



BELT DAN ROLLER

Sebagai komponen penghubung antara pully depan dan belakang sebaiknya Belt tidak boleh getas tau retak jika getas resiko putus bisa terjadi . Untuk mengetahui kondisi itu mudah , pastikan tidak ada keretakan pada bagian dalam belt . Kondisi ini bisa berpengaruh pada terjadinya slip akan terasa ketika grip gas di tarik . Tak lupa cek kondisi roller , penyesuaian berat roller yang akan dipakai juga bisa dilakukan .

Jika sekiranya akan banyak menemui kemacetan parah sobat bisa mengkombinasikan dengan bobot tang yang lebih ringan dengan yang setandar .

PELEK DAN BAN

Tak sedikit dari pemilik matik yang mengganti pelek dan ban tunggangannya dengan diameter yang lebih besar apalagi dengan ban yang profilnya kecil . Ketika akan mudik baiknya sobat simpan dahulu dan gantikan dengan original karena sangat berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan .

GEAR BOX DAN MUR

Pergantian oli gear boks atau transmisi memang tidak secepat atau sesering oli mesin . Tapi untuk kondisi ini hendaknya sobat bisa lakukan pergantian . Tak lupa juga pengecekan terhadap kekencangan baut atau mur roda terutama untuk roda belakang karena roda belakang paling rawan kendor .

Tak lupa juga untuk membawa perbekalan secukupnya karena bila sobat membawa beban berlebih tentu sangat mempengaruhi psikologis , kenyamanan , keamanan serta bisa menguras stamina sobat yang pada akhirnya malah sobat mengalami hambatan .