12.3.15

SOLUSI NAIKIN KOMPRESI MATIK HONDA BEAT DAN SCOOPY


GANTI SEHER TANPA UBAH SILINDER HEAD

Anemo sobat biker terhadap motor matik sekarang ini makin bertambah mungkin dikarenakan semplakan yang satu ini tergolong praktis dalam hal pemakaian dan perawatan . Tak sedikit pula diantara para sobat yang mengupgrade dengan menempuh jalan bore up . Tapi sayangnya jika cara bore up yang di tempuh tentu bukan tanpa resiko . Disamping modal yang kita keluarkan tak sedikit tentunya perawatan dan perlakuan pun harus lebih peduli .

Seher beat kiri dan jupiter z1 kanan
                                                                               
Nah untuk sobat pengguna motor matik khususnya matik Honda Beat atau Scoopy yang ingin menaikan rasio kompresi mesin matik sobat tanpa harus bore up dan bedah silinder head bisa mencoba cara berikut . Kenapa cuma naikin kompresi kan nanggung , jawabannya adalah karena untuk penggunaan harian langkah ini di bilang cara aman up grade performa dengan resiko yang sedikit dibanding bore up .

Pertama : Sobat cukup mengganti piston standar dengan piston milik Yamaha Jupiter Z1 . Dimana untuk ukuran diameter seher dan pen nya pun sama persis yaitu 50 mm dan untuk pen nya 13 mm . Walaupun sama secara ukuran diameter dan bentuk sehernya tapi seher Jupiter Z1 lebih tinggi 0.3 mm dari scoopy dan beat artinya piston ini bisa dibuat dome setinggi 0.3 mm .

Kedua : Caranya pinggiran kepala piston Z1 tadi dibubut selebar 3 mm dan setinggi 0.3 mm hingga ketinggian bibir piston ke lubang pennya sama dengan milik beat atau scoopy . Kelebihan memakai seher Z1 adalah disamping harga yang murah yaitu Rp 53.000 jenis nya pun sudah forging yang lebih kuat menahan kompresi tinggi serta ringan dan pasti lebih awet .

Untuk harga piston dan ring pistonya sobat bisa siapin modal tak lebih dari Rp 120.000 saja sedangkan untuk jasa tukang bubut bisa rogoh kocek Rp 30 sampai Rp 50 rebu . semoga trik ini bisa mengobati rasa dahaga sobat yang doyan berakselerasi namun mesin tetap awet .


Related Posts:

  • TRIK DAN TIPS MELEPAS STIKER MOTOR SAMPAI BERSIH Melepas stiker terkadang bisa membuat motor jadi terlihat kusam karena bekasnya. Supaya tidak berbekas lagi, tips ini mungkin bisa dicoba! Stiker pada beberapa kasus dibuat supaya motor lebih terlihat menarik dan sport… Read More
  • MENGHITUNG KAPASITAS MESIN, VOLUME SILINDER & KOMPRESI MESIN Bikers berikut uraian tentang cara - cara menghitung Kapasitas mesin, Volume silinder dan tekanan kompresi.  Kapasitas Mesin Kapasitas mesin ditunjukkan oleh volume yang terbentuk pada saat piston bergerak keatas … Read More
  • PENYEBAB LAMPU BOHLAM MOTOR SERING PUTUS Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi dari lampu bohlam yang berada di sepeda motor sangatlah penting untuk penerangan di malam hari ketika kita berada di jalan. Maka dari itu kami akan membagikan informasi mengen… Read More
  • CARA MENGGABUNGKAN 2 AKI PADA MOTOR Saat ini banyak sekali motor - motor yang di pasangi aksesoris mulai dari lampu, sirine sampai audio. Tetapi masalah mulai timbul seiring tidak seimbangnya penyimpan kelistrikan atau aki dengan konsumsi listrik pada mo… Read More
  • PENGARUH PORTING/POLISH & MANFAATNYA Ada trik bagi yang ingin meningkatkan performa motor biker yaitu dengan porting & polish. Apa sih yang di maksud porting & polish adalah langkah menghaluskan dan memperbesar lubang masuk (intake) & lubang kelua… Read More