21.7.17

CARA MEMBERSIHKAN KNALPOT 2 TAK





 

    Pada motor 2 tak urusan knalpot kadang bisa jadi sensitif . Soalnya kinerja mesin yang menggunakan oli samping , setelah proses pembakaran pasti meninggalkan deposit atau kerak sisa pembakaran pada saluran gas buang atau knalpot .

   Kerak sisa pembakaran bila sudah menumpuk bisa bikin motor jadi ngeden gak ada tenaganya . Jalan satu satunya ya harus dibersihkan . Banyak cara tuk membersihkannya seperti dibakar , dirojok , hingga memakai alat khusus .

   Diantara cara tersebut diatas tentunya ada cara lain yang tidak merusak . Yaitu memakai soda api yang dimasukan ke perut knalpot . Larutan soda api punya sifat menghancurkan kerak yang bandel .

   Caranya siapkan soda api atau paint remuver lalu larutkan bersama air dengan perbandingan 1 : 2 untuk airnya . Tanda jika soda api sudah bereaksi dgn air  mulai berbuih dan cairan terasa panas .

   Lalu masukan dlm perut knalpot dan di goyang goyang hingga merata . Lakukan secara berulang sambil dipukul pukul dengan palu karet hingga kerak keluar dari lubang bagian bawah .