9.9.17

MEMBACA KERUSAKAN MOTOR INJEKSI LEWAT KEDIPAN LAMPU INDIKATOR





Semua  motor injeksi tentu memiliki lampu indikator Malfunction Indicator Lamp (MIL) seperti sepeda motor Honda, Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki. Namun pada kesempatan ini kami akan membahas serta memberikan kode MIL sepeda motor honda yang wajib anda ketahui, khususnya bagi mekanik maupun anda yang mempunyai sepeda motor honda berteknologi injeksi. 

Dengan mengetahui kedipan kode MIL setidaknya kita tahu kerusakan apa yang sedang dialami sepeda motor kita, dan kita tahu harus bagaimana, ya walaupun kita tidak terlalu mahitr dalam duia mekanik setidaknya kita ngerti kerusakan sepeda kotor kita.

Penjelasan dari lampu MIL ialah sebuah lampu indikator bertugas untuk melaporkan kerusakan sistem PGM-FI yang telah diagnosis oleh ECU tentang kerusakan atau sesuatu yang kurang baik pada sepeda motor. 

Peranan lampu MIL pada sepeda motor tentulah sangat penting, karena setiap kerusakan sepeda motor pada sistem PGM-FI akan terdeteksi secara otomatis sehingga kita sebagia pengguna jadi lebih praktis untuk mengetahui kerusakan apa yang sedang terjadai pada motor kita. 

Permasalahan sekecil apapun pada sistem PGM-FI akan dilaporkan oleh lampu MIL sehingga sepeda motor akan tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.

Mekanisme lampu MIL pada sistem teknologi PGM-FI yaitu mendeteksi segala kerusakan dengan otomatis setelah kunci kontak sepeda motor diarahkan ke arah ON, kemudian lampu MIL menyala kurang lebih selama  0,3 dtk kemudian akan mati seperti semula (jika sistem PGM-FI tidak ada masalah). 

Pada saat kunci kontak ON ECU/ECM akan mendeteksi sistem PGM-FI berbarengan dengan nyalanya lampu MIL. Jika sistem PGM-FI tidak mengalami kerusakan maka lampu MIL tidak akan nyala, namun jika sistem terindikasi kerusakan maka lampu MIL akan memberikan informasi (nyala) berupa kode kedipan. 

apabila lampu MIL berkedip (ada kerusakan) namun si pengendara mengabaikannya, maka lampu MIL akan terus berkedip sampai mendapatkan tindakan berupa reset lampu MIL.

Cara Membaca Kedipan Kode MIL

Pada saat kunci kontak On maka lampu MIL akan nyala beberapa detik naum kemudian mati itu dalah hal yang wajar, namun apabila lampu MIL berkedip terus menerus itu menandakan terdapat masalah pada sistem PGM-FI. 

Untuk cara membaca kode kedipan lamu MIL pada sepeda motor honda yaitu dengan menghitung kedipan MIL. terdapat 2 model kedipan pada lampu MIL :

Kode kedipan lampu MIL panjang/lama (durasi nyala 1,3 dtk), kode (panjang/lama) tersebut memiliki nilai 10Kode kedipan pendek/cepet (durasi nyala  0,3 dtk), kode (pendek/cepet) tersebut memiliki nilai 1

contoh: Jika lampu MIL berberkedip panjang/lama (durasi nyala 1,3 dtk) 1 kali dan berkedip pendek/cepet (durasi nyala  0,3 dtk) 2 kali. Penyelesaian:  Kedipan panjang/lama 1 kalai = 10 dan Kedipan pendek/cepet 2 kali = 2. Maka 10+2=12, maka kerusakan yang terdapat pada sistem PGM-FI adalah sistem injektor.

Dibawah ini adalah daftar tabel kode MIL yang anda harus ketahui



      sumber : buku pedoman honda