24.9.17

PERAN KOMPONEN ELEKTRONIK PADA CDI




Pada umumnya CDI yang di pakai pada motor merupakan rangkaian komponen elektronika yang terdiri dari SCR (silicon controlled rectifier), Kondensator atau ada juga yang bilang kapasitor, Dioda (Diode) dan rangkaian tambahan untuk kontrol maju mundurnya saat pengapian. Nah apa saja fungsi atau tugas masing - masing komponen yang ada pada CDI, mari kita bahas satu persatu.


1. SCR (silicon controlled rectifier)

Komponen yang termasuk dalam jenis thyristor ini berfungsi sebagai saklar elektronik pelepasan arus yang di tampung pada kondensator untuk dilepaskan menuju Koil.


2. Kondensator (Kapasitor)

Kapasitor merupakan komponen elektronik yang dapat menyimpan energi listrik dalam jangka waktu tertentu. Dikatakan dalam jangka waktu tertentu karena walaupun kapasitor diisi sejumlah muatan listrik, muatan tersebut akan habis setelah beberapa saat. Oleh sebab itu kondensator berfungsi sebagai penampung sementara arus listrik yang akan di lepaskan ke koil di saat waktu pengapian.


3. Diode (Dioda)

Dioda merupakan komponen semikonduktor yang memungkinkan arus listrik mengalir pada satu arah (forward bias) yaitu, dari arah anoda ke katoda, dan mencegah arus listrik mengalir pada arah yang berlawanan\sebaliknya (reverse bias). Bertugas atau berfungsi menyearahkan arus bolak - balik (AC) yang berasal dari kumparan (Spool) untuk di simpan di kondensator.


Kelebihan penggunaan CDI dibandingkan sistem Konvensional (Platina) adalah :

1. Tidak memerlukan penyetelan saat pengapian, karena saat pengapian terjadi secara otomatis yang diatur secara elektronik.

2. Lebih stabil, karena tidak ada loncatan bunga api seperti yang terjadi pada breaker point (platina) sistem pengapian konvensional.

3. Mesin mudah distart, karena tidak tergantung pada kondisi platina.

4. Unit CDI dikemas dalam kotak plastik yang dicetak sehingga tahan terhadap air dan goncangan.

5. Pemeliharaan lebih mudah, karena kemungkinan aus pada titik kontak platina tidak ada.

Related Posts:

  • TIPS & TRIK ATASI TARIKAN MOTOR NGEMPOS Dalam hal ini lantaran kasus motor yang ngempos atau kehilangan tenaga sudah sangat akrab kita sering jumpai. Sebenarnya akar masalah dari sepeda motor yang ngempos itu cuma satu yakni pembakaran yang kurang sempurna, alha… Read More
  • TIPS & CARA MEMASANG LAMPU LED UNTUK LAMPU SEN Sekarang jamannya LED, hampir seluruh komponen yang berfungsi sebagai penerangan menggunakan LED. Dari lampu rem sampai lampu sein pada motor semua di ganti dengan LED. Memang keuntungan dengan memakai LED sangat bany… Read More
  • PENYEBAB RUSAKNYA SENTRIFUGAL PADA MOTOR MATIK Motor matic juga memiliki kopling meskipun berbeda dengan jenis motor bertransmisi manual. Disebut kopling sentrifugal dan komponen ini juga rawan akan kerusakan jika kamu salah dalam pemakaian motor sehari harinya. K… Read More
  • CARA MUDAH MERAWAT AKI AGAR TAK CEPAT SOAK Aki adalah salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan… Read More
  • TIPS & TRIK SERVIS INJEKTOR MOTOR INJEKSI Bagi pengguna motor injeksi kebanyakan mengklaim bahwa untuk perawatan motor injeksi lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan motor karburator yang membersihkan karburator tersebut tiap beberapa bulan sekali. Sem… Read More