18.9.17

SEBAB SEBAB PISTON/SEHER PECAH, RETAK DAN BOLONG



Biker semua pasti pernah mendengar jika piston atau seher motor bisa pecah atau bolong , so pasti bikers perlu tahu dong apa penyebabnya, berikut sedikit ulasannya.

Piston retak atau pecah dan bolong diakibatkan oleh beban kompresi yang berlebihan. Piston tersusun atas partikel - partikel atom, jika piston pecah atau retak berarti stuktur penyusun atom piston mengalami kerusakan.

Ikatan antar partikel - partikel atom tersusun sangat rapat pada stuktur kristal. Struktur kristal sangat berpengaruh terhadap kemampuan tehnik material. Kekuatan ikatan antar atom tiap logam berbeda begitu juga dengan struktur kristal.

Saat pemanasan terjadi, logam sekuat mungkinmenahan gaya luar yang merusak struktur kristal. Kekuatan struktur kristal terbatas pada suhu tertentu biasanya di sebut rekristalisasi. 

Suhu rekristalisasi inilah yang berbahaya bagi logam karena apabila logam melewati suhu rekristalisasi dan kembali dingin struktur kristal akan berubah, Nah proses inilah yang mengakibatkan piston jadi pecah, retak, rompal dan bolong.