21.9.17

TRIK MENGGABUNGKAN 2 AKI UNTUK MOTOR


Saat ini banyak sekali motor - motor yang di pasangi aksesoris mulai dari lampu, sirine sampai audio. Tetapi masalah mulai timbul seiring tidak seimbangnya penyimpan kelistrikan atau aki dengan konsumsi listrik pada motor dan segala aksesorisnya. 

Jika memang berkeinginan memakai aksesoris yang membutuhkan daya besar, sebaiknya menggunakan aki dobel saja. Aki pertama di gunakan untuk kebutuhan kelistrikan motor yang meliputi kelistrikan untuk pengapian, lampu sein, klakson, elektrik starter dll. Dan aki kedua di gunakan untuk kebutuhan kelistrikan aksesoris yang di pasang di motor.

Tetapi menggabungkan 2 aki harus di sertai pemasangan komponen diode silikon pada terminal positif aki pertama dan aki kedua. Hal itu untuk mencegah jika aki kedua tegangan listriknya turun akibat konsumsi listrik yang berlebihan dari aksesoris motor tidak mengganggu aki pertama yang menyuplai kebutuhan kelistrikan motor. Untuk besarnya ampere diode silikon mengikuti besarnya ampere aki. Jika aki 5 ampere, gunakan diode silikon 5 ampere saja sudah cukup.

Untuk pengisian kelistrikan yang berasal dari magnet akan mengisi aki pertama terlebih dahulu baru pengisian aki kedua. Dengan adanya diode silikon anda tidak perlu khawatir aki pertama anda tekor. Dan anda tetap bisa menggunakan elektrik starter tampa rasa was-was.

Jika bikers masih bingung cara pemasangannya, berikut gambarnya.


Untuk posisi gelang putih pada diode silikon ada pada terminal positif Aki kedua atau aki B.

Keuntungan pemasangan diode silikon pada kedua aki di bandingkan mempararel langsung kedua aki :
1. Aki pertama tidak terganggu jika tegangan aki kedua turun.
2. Pengisian kelistrikan tidak seberat jika aki di pararel langsung.

Related Posts:

  • CARA KERJA/SISTEM KARBURATOR VAKUM Saat ini banyak sekali motor yang menggunakan karburator sistem vakum (Constant Velocity atau Constan Vacuum). Karburator vakum banyak digunakan pada motor di Indonesia, misalnya pada Suzuki SATRIA Fu 150 dan merk lainn… Read More
  • CARA ATASI MESIN YAMAHA VIXION CEPAT PANAS Tidak jarang pengguna Yamaha Vixion mengeluhkan soal kipas radiator mudah menyala meski perjalanan belum terhitung jauh. Kipas radiator menyala berarti mesin mengalami overheat sedangkan pendinginan kurang. Sebenarnya… Read More
  • INI YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MOTOR MOGOK TERJEBAK BANJIR Yang harus dilakukan ketika motor terkena banjir dan mogok, yaitu: • Cari tempat yang aman, yaitu tempat yang tidak terkena banjir. • Buka dan lepas busi (kunci kontak Off), bersihkan serta keringkan businya, kemudi… Read More
  • PLUS & MINUS MOTOR INJEKSI Sisitem injeksi Di era sekarang semua pabrikan motor sama - sama mengeluarkan motor tehnologi injeksi bahan bakar untuk mengejar standar euro3 yang tidak ada cara lain selain mengganti pengabut bahan bakar karburat… Read More
  • PERHATIKAN BAGIAN INI JIKA TARIKAN MOTOR LEMOT Terlalu sering dipakai, akselerasi sepeda motor pasti akan menurun. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena hal itu termasuk normal, di mana sepeda motor bisa mengalami capek. Akselerasi menurun pada sepeda motor je… Read More