23.10.17

CARA MENGGABUNGKAN 2 AKI PADA MOTOR



Saat ini banyak sekali motor - motor yang di pasangi aksesoris mulai dari lampu, sirine sampai audio. Tetapi masalah mulai timbul seiring tidak seimbangnya penyimpan kelistrikan atau aki dengan konsumsi listrik pada motor dan segala aksesorisnya. Jika memang berkeinginan memakai aksesoris yang membutuhkan daya besar, sebaiknya menggunakan aki dobel saja. Aki pertama di gunakan untuk kebutuhan kelistrikan motor yang meliputi kelistrikan untuk pengapian, lampu sein, klakson, elektrik starter dll. Dan aki kedua di gunakan untuk kebutuhan kelistrikan aksesoris yang di pasang di motor.

Tetapi menggabungkan 2 aki harus di sertai pemasangan komponen diode silikon pada terminal positif aki pertama dan aki kedua. Hal itu untuk mencegah jika aki kedua tegangan listriknya turun akibat konsumsi listrik yang berlebihan dari aksesoris motor tidak mengganggu aki pertama yang menyuplai kebutuhan kelistrikan motor. Untuk besarnya ampere diode silikon mengikuti besarnya ampere aki. Jika aki 5 ampere, gunakan diode silikon 5 ampere saja sudah cukup.

Untuk pengisian kelistrikan yang berasal dari magnet akan mengisi aki pertama terlebih dahulu baru pengisian aki kedua. Dengan adanya diode silikon bikers tidak perlu khawatir aki pertama anda tekor. Dan anda tetap bisa menggunakan elektrik starter tanpa rasa was-was.

Jika bikers masih bingung cara pemasangannya, silahkan lihat gambar.


Untuk posisi gelang putih pada diode silikon ada pada terminal positif Aki kedua atau aki B.

Keuntungan pemasangan diode silikon pada kedua aki di bandingkan mempararel langsung kedua aki :

1. Aki pertama tidak terganggu jika tegangan aki kedua turun.
2. Pengisian kelistrikan tidak seberat jika aki di pararel langsung.

Related Posts:

  • Subtitusi Throttle Body Yamaha Nmax Untuk riders pemakai matik Yamaha Nmax yang ingin meng - upgrade performa tapi masih bingung untuk memilih Trottle body apa yang cocok dan sesuai . Berikut diantara banyak pilihan throttel body yang dapat dijadikan refer… Read More
  • Persamaan & subtitusi throtlle body motor injeksi    Buat motor injeksi yang sudah di korek pasti membutuhkan throttle body yang lebih besar dari bawaannya agar lebih deras kucuraannya Namun yang jadi masalah harga untuk throttle body racing yang biasa dip… Read More
  • AKALI PERSENELING SUPRA XPGM-FI NYANGKUT     Keluhan seperti ini kerap muncul pada supra x 125/PGM FI yang terbilang keluaran baru . Cukup banyak pengguna tipe motor ini mengeluhkan perseneling atau operan gigi sering nyangkut sambil dibarengi bunyi … Read More
  • PILIHAN MOTOR HARIAN UNTUK MODIF TRAIL  Olah raga adventure sekarang jadi pilihan sip untuk refreshing .Tapi beli motor spek adventure pastinya menguras isi dompet contohnya saja seperti Kawasaki KLX series saja paling murah dikisaran Rp 30 jutaan belum j… Read More
  • ATASI REM BELAKANG VESPA MATIK BERAT     Para pengguna Vespa matik pasti sudah tahu dengan kerasnya tuas rem belakang saat digunakan . Kondisi ini bisa bikin tangan lebih cepat pegal .     Tapi sobray gak usah takut pegal lagi s… Read More