30.10.17

PENYEBAB RUSAKNYA SENTRIFUGAL PADA MOTOR MATIK



Motor matic juga memiliki kopling meskipun berbeda dengan jenis motor bertransmisi manual. Disebut kopling sentrifugal dan komponen ini juga rawan akan kerusakan jika kamu salah dalam pemakaian motor sehari harinya.

Kopling sentrifugal ini akan membuka untuk menekan mangkuk kopling seiring bukaan gas. begitu juga ketika rpm rendah, maka kopling akan kembali ke posisi semula.

Kenapa suara bak kopling motor matic kasar?

Suara yang disebut di atas tadi timbul ketika sepatu kopling kembali keposisi asal. Pada saat kembali ke posisi awal, diredam karet yang kondisinya aus. Akhirnya, berakibat berbenturan dengan sepatu kopling lainnya. Kondisi ini disebabkan bukaan atau tekanan kampas kopling ke mangkuk kopling tidak rata.

Begitu juga ketika gejala V-belt Aus Nah, kejadian seperti ini sebenarnya bisa dicegah. Tentu lewat cara mendeteksi dini.

Tanda kerusakan V-Belt motor matic

Umumnya, v-belt mempunyai umur pemakaian tertentu. Misalnya, pemakaian hingga 15– 20 ribu kilometer. Jika lewat dari kilometer yang ditentukan pabrikan, tentu hal yang tak diinginkan bisa saja terjadi. Putus! Lihat bagian dalam atau bagian belt yang bergigi di sisi dalam. Jika mau putus biasanya ada retak. Selain cara ini, ada juga ciri fisik yang bisa dikenali jika belt aus. Yaitu, di sisi samping belt, sudutnya terlihat lebih ramping atau tajam ketimbang belt standar.

Hal ini terjadi karena belt terus bergesekan dengan puly Dari pemakaian sendiri, ketika v- belt aus, biasanya menimbulkan suara berisik di rumah CVT . Ya, macam rantai yang kendur aja.

Belum lagi, belt menjadi mulur akibat aus. Akibatnya, tutup CVT atau crankcase kerap tergesek belt. Ketika dipakai, akselerasi awal juga biasa jadi selip. Seperti gas diputar tapi tenaga yang dihasilkan tidak sesuai putaran itu. Lebih cepat atau tidak ausnya belt ini, tergantung dari berbagai faktor.

Penyebab umum kerusakan V-belt motor matic

Misalnya karena beban yang diputar tidak sesuai ketentuan yang seharusnya. Contohnya, belt dan mesin standar dipaksa memutar ban dengan lebar yang tak lazim. Misal, ban ukuran 140/80-14. Begitu banyak tenaga yang harus dikeluarkan dan dibutuhkan belt untuk menggerakkan roda, membutuhkan tekanan yang lebih besar dari seharusnya.

Hal inilah yang bikin jadi cepat aus. Ketika mesin sudah mengalami kenaikan tenaga akibat bore up yang sangat ekstrem, maka belt juga akan berpengaruh. Karena hentakan yang tercipta membuat tekanan belt juga semakin besar. Makanya, nggak sedikit juga beredar di pasaran belt aftermarket. Tentunya, belt ini ada juga yang mempunyai bahan berbeda dari belt standar.

Misalnya, mempunyai bahan yang lebih kuat. Sehingga masalah selip atau belt aus akibat pemakaian yang tak lazim bisa teratasi. Nah, agar semua hal itu tidak terjadi, nggak ada salahnya melakukan pengecekan.

Terutama buat yang sudah melewati batas masa penggantian belt. Pemakaian panjang setiap harinya juga bikin daya tahan belt berkurang. Misalnya sekali jalan 30 km tanpa istirahat dicampur macet. Jadi meski pemakaian masih 10.000 km belt bisa saja putus. Simak juga tentang cara perawatan motor matic injeksi yang tepat.

Related Posts:

  • Sebab Knalpot Keluarkan Asap Putih & Bahayanya TERKADANG asap yang keluar dari knalpot mengeluarkan warna putih. Normalnya asap yang dikeluarkan oleh knalpot sepeda motor 4 tak tidak mengeluarkan warna hitam apalagi yang paling parah mengeluarkan asap putih.  … Read More
  • 5 SEBAB OLI MESIN CEPAT HABIS & SOLUSINYA 5 Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Habis Oli motor adalah komponen yang sangat krusial bagi komponen dalam motor. Oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas mesin motor, menjaga komponen dalam motor dari korosi (karat… Read More
  • 5 Cara Tangani Agar Mesin Motor Tak Overheat Tak hanya pada mobil, istilah overheat atau mesin cepat panas secara berlebihan juga bisa terjadi pada sepeda motor. Overheat biasanya terjadi saat mesin masih dalam kondisi ON, namun tak memiliki tenaga. Jika dalam kond… Read More
  • KEUNTUNGAN MENCAMPUR OLI SAMPING DGN BENSIN DALAM TANGKI Banyak pengguna motor 2-tak khususnya RX King yang kerap mencampur oli samping ke tangki bensinnya saat perjalanan jauh. Namun ada juga yang mencampur oli samping untuk pemakaian harian dengan takaran yang lebih sedikit… Read More
  • Cara Mengganti Sil Kruk As Yamaha F1zR Kalau motor Anda memang jebol, sekarang giliran langkah penggantiannya. Awas, jangan ditunda-tunda. Dari pada nantinya merembet ke komponen lain, sekarang coba praktikan di Yamaha F1Z-R full cluth. CUNGKIL Caranya muda… Read More