10.11.17

CARA ATASI MESIN YAMAHA VIXION CEPAT PANAS



Tidak jarang pengguna Yamaha Vixion mengeluhkan soal kipas radiator mudah menyala meski perjalanan belum terhitung jauh. Kipas radiator menyala berarti mesin mengalami overheat sedangkan pendinginan kurang.

Sebenarnya masalah pada kipas radiator ada dua. Bisa kipas cepat menyala, atau yang lebih parah kipas tidak menyala.

Ada enam penyebab yang mungkin menjadi penyebabnya dan dapat dicek.

1. Salah memilih cover radiator

Di pasaran ada beragam cover radiator baik itu aksesori resmi yang dijual oleh pabrikan maupun produk aftermarket. Penggunaan cover radiator ini penting untuk mencegah kisi-kisi rusak karena terkena serpihan kerikil di jalanan.

Jika kisi-kisi pada radiator bengkok maka aliran udara menjadi tidak lancar, pilihlah cover radiator dengan desain mirip ram kawat agar aliran udara yang masuk ke kisi-kisi lancar. Jangan pernah membeli cover radiator dengan desain lubang-lubang yang kecil.

2. Posisi pelat nomor depan terlalu miring

Sebisa mungkin posisi pelat nomor dibuat lebih menghadap ke atas agar aliran udara yang menuju kisi-kisi radiator tidak menghadapi hambatan. Agar aman, bagusnya jika posisi pelat nomor dipindahkan saja ke bagian atas (depan speedo­meter seperti yang diapliasikan pada Yamaha Byson dan Xabre). Cuma memang dari sisi estetika kurang sedap dipandang.

3. Pengaruh suhu sekitar

Ini bisa kita rasakan jika kita tengah berkendara di saat cuaca sedang panas, apalagi dengan kondisi lalu lintas yang macet. 

4. Thermostat rusak

Efeknya, kipas tidak akan menyala atau jika pun menyala, menyalanya cepat padahal jarak yang ditempuh belum jauh. Fungsi thermostat adalah untuk menu­tup aliran coolant agar tidak langsung ke radiator. Tujuannya agar panas mesin cepat diperoleh pada waktu proses pemanasan awal. Setelah suhu mesin memasuki suhu kerja, thermostat secara otomatis akan terbuka sehingga coolant akan mengalir ke radiator untuk didinginkan.

5. Salah memilih pelumas

Pilihlah spesifikasi pelumas seperti yang dianjurkan oleh pabrikan yakni pelumas dengan nilai viskositas atau tingkat kekentalan 10w-40. Jika menggunakan pelumas yang lebih kental maka kinerja mesin menjadi berat dan kipas pun menjadi cepat menyala. Fungsi pelumas selain untuk melumasi bagian logam yang bergesekan, juga untuk mendinginkan.

6. Fairing hasil modifikasi tidak presisi

Yamaha Vixion sejatinya adalah motor sport naked alias tanpa fairing, tetapi terkadang ada penggunanya yang memodifikasinya dengan fairing custom. Sayangnya, fairing custom yang tidak presisi justru hanya akan menghambat aliran udara yang masuk ke kisi-kisi radiator. Lain halnya jika menggunakan fairing yang dibuat oleh pabrikan. Tentunya dibuat dengan sa­ngat presisi dan memperhitungkan sisi aerodinamis.

Related Posts:

  • Subtitusi Throttle Body Yamaha Nmax Untuk riders pemakai matik Yamaha Nmax yang ingin meng - upgrade performa tapi masih bingung untuk memilih Trottle body apa yang cocok dan sesuai . Berikut diantara banyak pilihan throttel body yang dapat dijadikan refer… Read More
  • APLIKASI DINAMO STATER FU UNTUK MIO SEHER 58 Yamaha Mio yang sudah di bore up menggunakan piston ukuran 58 mm atau 150 cc tak sedikit yang mesinnya malah gak mau hidup bila masih memakai dinamo stater bawaan atau standart . Tak ayal dan tak jarang gigi dinamo me… Read More
  • PILIHAN MOTOR HARIAN UNTUK MODIF TRAIL  Olah raga adventure sekarang jadi pilihan sip untuk refreshing .Tapi beli motor spek adventure pastinya menguras isi dompet contohnya saja seperti Kawasaki KLX series saja paling murah dikisaran Rp 30 jutaan belum j… Read More
  • PERSAMAAN INJEKTOR SUZUKI ADDRESS FI Motor injeksi yang sudah di bore up pasti butuh pasokan bahan bakar yang lebih deras untuk mengimbangi besarnya volume silinder . Untuk memenuhi kebutuhan tsb bila tidak mengaplikasi ECU atau PIGGYBACK bisa diakali dengan… Read More
  • Persamaan & subtitusi throtlle body motor injeksi    Buat motor injeksi yang sudah di korek pasti membutuhkan throttle body yang lebih besar dari bawaannya agar lebih deras kucuraannya Namun yang jadi masalah harga untuk throttle body racing yang biasa dip… Read More