21.11.17

HAL INI YANG MENJADIKAN GARANSI MOTOR HANGUS



Membeli sepeda motor baru, bukan berarti akan jauh dari masalah. Karena itu, garansi menjadi hal yang paling penting, agar keluhan yang dirasakan konsumen bisa diatasi langsung oleh dealer atau showroom.

Merek sepeda motor Honda misalnya. Setiap pembelian motor, konsumen akan mendapatkan garansi injeksi selama lima tahun atau 50.000 kilometer, garansi mesin selama tiga tahun atau 30.000 kilometer, serta garansi rangka dan kelistrikan selama satu tahun atau 10.000 kilometer.

Jangka waktu atau jarak ditentukan dari yang lebih dahulu tercapai.

10 Poin Agar Terhindar Tilang PolisiKocak, Modus Pengendara Bermotor Kecoh Polisi Saat RaziaTerjebak Banjir, Begini Pertolongan Pertama pada Sepeda Motor

Namun, tahukah Anda, garansi sepeda motor juga bisa hilang atau hangus, karena beberapa penyebab. Berikut seperti yang dijelaskan Honda Cengkareng:

Pertama, buku servis dan garansi hilang atau rusak. Seluruh Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) akan pertama kali menanyakan ketersediaan buku servis dan garansi. Jika buku tersebut hilang atau rusak, Anda tidak akan mendapatkan garansi karena pihak AHASS sendiri tidak dapat melakukan klaim ke Astra Honda Motor.

Sebaiknya buku servis dan garansi disimpan di tempat yang aman dan mudah diingat. Pastikan Anda mendapatkan buku servis dari dealer tempat membeli sepeda motor.

Kedua, tidak melakukan perawatan berkala di AHASS sesuai dengan ketentuan. Artinya, jika Anda tidak melakukan servis secara rutin sesuai dengan ketentuan pada buku servis maka garansi akan hilang.

Ketiga, terdapat kerusakan akibat perawatan di luar AHASS. Jika dilakukan di luar bengkel resmi, maka saat terjadi kerusakan pada motor Anda, Anda tidak dapat melakukan klaim garansi.

Hal ini karena perawatan berkala di bengkel biasa, belum tentu mekanik yang melakukan perawatan teruji keahliannya dan bisa saja melakukan kesalahan.