17.11.17

PERSAMAAN GIGI RASIO YAMAHA JUPITER Z DENGAN HONDA C90



Yamaha Jupiter Z 110 merupakan varian yang sukses di balap baik grasstrack, roadrace, maupun drag bike.

Mesin yang mudah untuk dikorek dan pastinya bisa membuat power mesin melonjak jauh dari keadaan standarnya.

Komponen-komponen mesin pun di klaim lebih tahan dari rival di kelasnya.

Maka dari itu banyak tuner yang menggunakan Jupiter Z ini untuk pacuan balapnya.

Power yang besar pastinya menuntut ukuran gear rasio yang disesuaikan.Mata gear rasio disesuaikan dengan trek yang dipakai dan sesuai dengan kebutuhan kompetisi.

Dirasa gigi kompetisi lebih mahal kita menggunakan part original dari motor lain untuk meracik gigi rasio. Alasannya yakni karena bahan original lebih tahan dibanding aftermarket.

Untuk gigi rasio satu, bisa menggunakan Suzuki Thunder 125 berikut as rasionya.

Untuk mengapikasikannya, bubut sebanyak 3 mm dibagian depan as rasio mengikuti panjang as original Jupiter Z.

Sementara untuk gigi rasio 2, dan 4 bisa menggunakan milik Honda C90.

Hanya saja mengubah ketebalan gear dan dibubut sebanyak 2,5 mm. untuk diameter dalam as nya bisa langsung PnP, jadi lebih aman.

Subitusi ini selain lebih murah dibanding gear rasio aftermarket, untuk kekuatan gear pun dijamin lebih kuat karena bahan gear original bawaan motor.

Untuk harga jangan khawatir, di pasar barang bekas harga eceran gear rasio C90 biasa dijual seharga Rp 25 ribuan. Sementara untuk as rasio Thunder 125 dijual Rp 200 ribuan.

Tabel Gigi Rasio

Gear        Jupiter Z        C90

1        12/30T            12/34T

2        27/33T            16/29T

3        21/29T            21/26T

4        21/23T            24/23T


Mplus