30.12.17

Mengatasi Knalpot Matik Beat Nembak - Nembak




Honda BeAT sudah lama mengaspal di Indonesia. Mulai dari generasi awal yang memakai sistem karburator hingga generasi saat ini yang sudah mengadopsi sistem pembakaran injeksi. Meski Honda BeAT FI sudah lama menggantikan versi karbu, masyarakat tidak serta-merta meninggalkannya.

Masih ada konsumen yang setia dengan Honda BeAT karburator. Bahkan di pasar motor bekas motor matic ini masih bisa dijumpai dengan harga yang relatif stabil. Meski begitu bukan berarti motor ini bebas dari masalah. Ada beberapa hal yang kerap dikeluhkan pengguna BeAT karburator.

Salah satunya adalah knalpot yang sering meletup ketika dipakai berkendara. Gejalanya ketika tuas gas ditutup knalpot skuter matik ini mengeluarkan suara letupan. Memang suara yang dihasilkan tidak keras. Hanya saja dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Apabila Honda BeAT Anda juga mengalaminya, maka perlu adanya pemeriksaan terhadap beberapa komponen. Dilansir drai Honda Community via Viva, komponen pertama yang perlu dicek adalah secondary air supply system (SASS).

Untuk diketahui, fungsi SASS adalah untuk mengatur semprotan udara bersih supaya bereaksi dengan gas sisa pembakaran, yang nantinya diolah menjadi gas ramah lingkungan. Yang menjadi permasalahan, jika aliran udara pada komponen tersebut ada yang tidak beres, maka bisa mengeluarkan letupan.

Untuk itu periksa selang-selang SASS untuk memastikan ada atau tidak selang yang terjepit maupun terlipat. Jika tidak ditemui permasalahan, maka periksa katup di dalam SASS.

Katup tersebut bertugas mengatur aliran udara bersih dan gas karbon dari sisa pembakaran mesin. Katup bisa saja tidak membuka atau menutup dengan sempurna karena adanya kotoran yang terselip ke permukaan katup.

Untuk mengatasinya Anda bisa meminta bantuan bengkel resmi untuk membersihkan katup tersebut. sebab menurut buku panduan SASS hanya boleh dibuka oleh mekanik resmi.

Permasalahan knalpot Honda BeAT yang meletup atau juga disebut nembak juga bisa dikarenakan pengaturan debit bensin di karburator yang tidak sesuai dengan anjuran pabrik. Untuk mengatasinya atur ulang sekrup udara pada karburator.

Apabila gejala meletup tidak hilang, bersihkan bagian dalam karburator. Jika main jet atau pilot jet tersumbat kerak bensin, maka bisa menyebabkan suplai bensin terganggu.

Related Posts:

  • Usir Ngejeduk di Sok Belakang Spacy Bagi pengguna Honda Spacy tentunya merasakan ketidaknyamanan akibat rendahnya ground clearance scutik berbodi bongsor tsb.  Scutik tsb sering dikeluhkan suka nggaduk polisi tidur,apalagi bila boncenger berba… Read More
  • CARA MUDAH NAIKAN KOMPRESI Banyak cara mendongrak performa akselerasi motor salah satunya dengan bemain kompresi tinggi . Dengan tujuan untuk memperbesar ledakan dan tekanan di ruang bakar agar mendorong piston lebih kuat . Efek yang dihasilkan tenag… Read More
  • TIPS MEMILIH KARBURATOR SEKEN            LIHAT KONDISI JANGAN ASAL BELI       Ragu dengan kwalitas karburator variasi atau mahalnya karburator ori . Nggak usah bingung bisa kok k… Read More
  • Atasi rem cakram motor keras dan ngebagel Bro & Sob tentunya kesal kalo rem depan tunggangannya terasa keras saat di remas,klo orang jerman bilangnya Ngebagel,,,sampe-sampe semua tenaga hrs dikeluarkan. Saya akan berbagi trik utk Bro Sob,Pastinya trik ini… Read More
  • ONGKOS & BIAYA PERAWATAN MATIK 150 CC Motor matic 150 cc termasuk kelas premium . Diantaranya seperti Yamaha Nmax Vario 150 dan PCX 150 . Bagaimana dengan biaya dan ongkos perawatannya  apakah tergolong premium juga berikut estimasi harga perawatan kerig… Read More