1.1.18

Penyebab Tarikan Motor Jadi Berat




Tarikan motor yang semakin berat mungkin pernah dialami oleh semua pemilik sepeda motor. Tidak terkecuali motor matik apalagi usianya sudah bertahun-tahun. Lantas, apa sebetulnya penyebab masalah ini? penjelasannya sbb :


Agar motor dapat hidup, sebetulnya hanya perlu tiga komponen, bahan bakar, kompresi, dan kelistrikan. Tiga bagian inilah yang pertama-tama harus diperiksa untuk mengetahui mengapa tarikan motor berat.

"Kompresinya lebih tinggi atau tidak. Kalau sudah pernah turun mesin, diganti piston, klepnya dinormalin lagi. Kalau baik, berarti masalah tarikan bukan pada bagian ini.

Kemudian, pengecekan juga dilakukan pada saluran bahan bakar. Menurutnya, tersumbatnya bahan bakar juga dapat menyebabkan tarikan berat. "Lihat karburator, setelannya bagus apa tidak, campuran udara dan bahan bakarnya bagus apa tidak.

Terakhir, kalau komponen di atas baik semua, maka kemungkinan masalahnya terletak pada sistem penggerak dan aksesori, misalnya pada v-belt atau kabel gas. "Penyebabnya mungkin kabel atau v-beltnya rusak, kalau sudah baik semua, mustahil tarikan motor tetap berat," tutupnya.

Pentingnya Menjaga Tekanan Angin pada Ban

Ban merupakan satu-satunya komponen pada mobil yang bersentuhan dengan aspal. Dengan kata lain, ban merupakan satu-satunya jembatan penghubung antara mobil dengan jalanan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan ban.

Bagaimana caranya? Cara yang paling mudah adalah menjaga asupan udara pada ban motor Jangan pernah membiarkan berjalan dengan keadaan tekanan angin ban kurang terisi.

Banyak sekali kerugian yang diakibatkan oleh kurangnya tekanan angin pada ban. Kurangnya tekanan angin akan membuat motor lebih sulit dikendalikan, jumlah permukaan ban yang menempel pada roda berkurang hingga setengahnya. Jika ban tidak menyentuh permukaan secara menyeluruh, traksinya tidak sempurna, dan pengereman tidak akan optimal. Artinya, jarak pengereman akan semakin jauh, terutama di jalanan basah.

Morornbiasanya memiliki dua pengaturan tekanan angin, pengaturan tersebut akan bergantung kepada bobot, apakah bermuatan penuh atau ringan. 


Related Posts:

  • PERBANDINGAN CAMPURAN UDARA DAN BENSIN Pada mesin kendaraan bermotor di kenal dengan perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang sering disebut AFR (Air Fuel Ratio). Tetapi perbandingan campuran bahan bakar  (bensin) dan udara berbeda menurut kondisi… Read More
  • JENIS DAN MODEL KOIL PENGAPIAN MOTOR Pada sistem pengapian sepeda motor ada sebuah komponen yang dikenal dengan nama koil. Koil bertugas menaikkan tekangan listrik dari aki 12 volt menjadi 10.000volt atau lebih.  Hal ini bertujuan agar bunga api dapat … Read More
  • CARA ATASI PERSENELING SATRIA FU SUSAH NETRAL Keluhan para pengendara Satria FU ini biasanya dialami saat motor sempat jalandan berhenti kembali. Nah, saat persneling akan susah netral  dan akibatnya jari-jiri kiri dipaksa terus memeras tuas kopling. Bisa sih … Read More
  • CARA MUDAH CEGAH KOMPRESI BOCOR PADA MOTOR MATIK Kinerja mesin motor matik pastilah lebih berat karena Penerus tenaga ke roda tidak menggunakan gigi bertingkat seperti gigi 1,2,3,4 yang membuat ringan kerja engine. Ditambah lagi sistem pendinginnya full kipas dari puta… Read More
  • FUNGSI TOMBOL PADA SPEEDOMETER SATRIA FU Pada akhir 2008 pihak suzuki melengkapi New Satria Fu 150 dengan tehnologi terbaru yaitu Suzuki Drive Mode Switch atau di singkat S-DMS yang di tempatkan sebelah kanan speedometer New Satria Fu 150. Pastinya jadi pertan… Read More