12.3.18

Honda Forza 300 Penantang Yamaha Xmax




Honda Forza 300 2018 hadir dengan sosok yang lebih kompak. Namun, apakah hal baru yang dibawanya bakal menyentil Yamaha XMax?

Honda baru saja memperkenalkan generasi terbaru Honda Forza 300. Skutik premium ini memang bukan barang baru, lantaran sudah dijual 17 tahun silam.

Kesuksesan adiknya, Honda Forza 125 sepertinya merangsang Honda untuk menyegarkan kembali sang kakak. Penampilan anyarnya untuk kawasan Eropa kini disebut mengalami evolusi paling signifikan.

Wheelbase dan dimensi Honda Forza 300 2018 ternyata lebih pendek dari generasi pendahulunya. Tidak hanya itu, pengaplikasian material baru juga membuat Honda Forza 300 sekarang lebih ringan 12 kg dari model sebelumnya.

Desainnya jauh berbeda dari model pendahulu. Honda Forza 300 kini sudah menggunakan sistem penerangan LED dan tidak lagi menempatkan lampu sein di bodi depan, melainkan sudah terintegrasi dengan spion.

Windscreen Honda Forza 300 bisa disetel hingga ketinggian 140 mm.

Visibilitas pengemudi dan penumpang juga turut diperbaiki. Honda melakukan revisi pada area jok dengan membuatnya lebih tinggi. Ditambah lagi aplikasi windscreen elektrik yang bisa disetel hingga ketinggian 140 mm. Tuas pengoperasiannya berada di area setang kiri.

Panel instrumen Honda Forza 300 disajikan dalam bentuk visual digital dan analog. Selain memberikan informasi mengenai kecepatan, bahan bakar hingga konsumsinya, pemilik skutik ini juga bisa mengetahui suhu di sekitar dan sensor accu.

Smart key system Honda Forza 300 2018.

Fitur lainnya yang kini dipasangkan oleh Honda meliputi electric power socket 12 v di boks sebelah kiri bawah setang. Sementara untuk membawanya berjalan, Honda Forza 300 turut menggunakan teknologi keyless. Kedua fitur tersebut sudah diterapkan pada all-new Honda PCX 150 buatan Indonesia.

Ubahan lainnya adalah Honda Forza 300 memutuskan untuk memakai velg ukuran 15 inchi (120/70-15) di depan dan 14 inchi (140/70-14) di belakang. Perangkat kaki-kakinya juga dilengkapi perangkat rem ABS (depan-belakang).

Sektor sistem penggerak Honda Forza 300 2018 diklaim berubah total dari versi terdahulu. Dengan teknologinya kini mesin 279 cc itu mampu mengeluarkan daya 24,8 hp di 7.000 rpm dan torsi 27,2 Nm pada putaran mesin 5.750 rpm. Akselerasinya dari 0-100 km/jam bisa dicapai dalam waktu 11,1 detik dan top speed 129 km/jam.

Klaimnya ini lebih cepat 0,3 detik dan 2 km/jam dari Forza 300 lawas. Untuk mengimbangi performanya itu, pihak produsen juga turut menyematkan fitur traction control bernama Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang bisa dioperasikan On-Off.

Munculnya penyegaran Honda Forza 300 dengan fitur barunya bakal mengganggu Yamaha XMax 300. Seperti kita ketahui, skutik buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini juga menyasar pasar Eropa. Yamaha juga punya unit untuk pasar Tanah Air yaitu Yamaha XMax 250.

Untuk diketahui, hal baru yang dituangkan Honda pada Forza 300 ini ternyata sudah lebih dulu terpasang pada Yamaha XMax. Sebut saja electric power socket, roda ukuran 15 inchi dan 14 inchi (depan-belakang), traction control, windscreen adjustable walaupun secara manual, smart key system atau keyless hingga kapasitas bagasi yang bisa menampung dua helm full face.

Secara desain, Yamaha XMax memang kalah modern dibanding Honda Forza 300. Tapi, soal kemampuan mesin, XMax yang punya kapasitas mesin total 292 cc jelas lebih impresif dengan tenaga 27,6 hp di 7.250 rpm dan torsi 29 Nm pada 5,750 rpm.


sumber : Otospirit