6.4.18

Sebab Knalpot Keluarkan Asap Putih & Bahayanya




TERKADANG asap yang keluar dari knalpot mengeluarkan warna putih. Normalnya asap yang dikeluarkan oleh knalpot sepeda motor 4 tak tidak mengeluarkan warna hitam apalagi yang paling parah mengeluarkan asap putih. 

Jika asap yang keluar berwarna hitam, ini mungkin saja tidak terlalu gawat dan tidak terlalu bermasalah jika tidak segera diperbaiki. Lain halnya dengan warna asap putih, ini perlu penanganan khusus karena kemungkinan ada komponen bagian dalam yang mengalami aus.

Pembakaran yang sempurna tentunya tidak akan mengeluarkan asap knalpot berwarna hitam apalagi putih. Jika asap knalpot mengeluarkan warna putih atau hitam menandakan sistem pembakaran pada kendaraan Anda kurang sempurna.

Lalu, apa yang menyebabkan asap yang dikeluarkan oleh knalpot berwarna putih? Penyebabnya beragam, dari mulai dari mulai ring piston mengalami keausan, silinder mesin aus hingga salah dalam pemilihan jenis pelumas.

Selain penyebab alami, ada juga penyebab lainnya yang mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap putih yakni penggunaan knalpot racing. Ada beberapa model knalpot racing yang memiliki fitur di mana knalpot akan disemprotkan pelumas agar mampu bertahan dalam suhu yang ekstrem. Pelumas yang menempel pada knalpot akan terbakar dan mengeluarkan asap putih.

Solusinya yakni dengan menggunakan knalpotstandar pabrikan. Sangat berisiko jika volume pelumas sepeda motor berkurang yang diakibatkan oleh fitur tersebut.

Cek volume pelumas

Efek yang ditimbulkan dari kondisi asap knalpot berwarna putih jika dibiarkan dalam waktu yang lama yaitu volume pelumas akan mengalami penyusutan yang signifikan. Jadi Anda harus curiga jika volume pelumas menjadi cepat berkurang, berarti ada yang tidak beres dengan kuda besi Anda. Rajin melakukan pengecekan ketinggian pelumas adalah salah satu upaya untuk meminimalisasi efeknya.

Efek lainnya yang tak kalah merugikan yaitu tenaga mesin menjadi kurang optimal. Tentu saja tidak optimal karena kondisi ring piston yang telah mengalami keausan. Selain itu, dapat menimbulkan timbunan kerak yang berlebih pada ruang bakar, akibat dari pelumas yang ikut terbakar sehingga proses pembakaran pada mesin yang tidak sempurna.

Untuk mengatasi asap putih yang disebabkan oleh pelumas yang ikut terbakar di dalam ruang bakar atau blok silinder yaitu dengan memeriksa oil seal klep, terutama telah melakukan penggantian oil seal klep. Setiap melakukan pembongkaran head silinder disarankan untuk mengganti seal klep dan skir klep.

Jika sudah melakukan penggantian oil seal klep maka harus melakukan pemeriksaan apakah bayang klep ada yang baret atau aus. Cara memeriksanya yakni dengan cara diraba dan dilihat pada batang klep. Pada batang klep biasanya ada garis-garis keausan. Batang klep yang aus dapat mengakibatkan pelumas dari silinder head masuk ke dalam ruang bakar. Jadi jika penyebabnya batang klep yang aus maka komponen ini yang harus segera diganti dengan yang baru.

Untuk penyebab yang diakibatkan oleh pemasangan ring piston yang tidak tepat atau hasil boring yang tidak rapi, disarankan untuk ditangani oleh mekanik yang terlatih. Untuk pemasangan ring piston memang tidak boleh terbalik karena ada aturannya. Jika pemasangannya tidak tepat dapat mengakibatkan pelumas dari crankshaft dapat menyusup ke atas piston.

Related Posts:

  • APA ITU INREYEN MOTOR Untuk setiap motor baru pastinya para biker tahu dan gak asing di dengar ada yang namanya masa Inreyen. Masa inreyen bisa di katakan masa penyesuaian komponen motor.  Ada diantara bikers yang berpendapat inreyen … Read More
  • Motor New Honda CB500X    PT Astra Honda Motor memanfaatkan ajang gelaran kejuaaran dunia motocross di Pangkal pinang yang lalu dengan merilis jajaran motor baru Honda . Tentunya merilis motor bergenre yang sama dengan gelaran yang … Read More
  • TIPS & TRIK ATASI MASALAH PADA MOTOR INJEKSI Pada saat akan memulai berkendara motor, hal yang paling utama supaya motor dapat melaju adalah dengan menarik handle gas. Namun bagaimana jadinya apabila pada saat menarik handle gas terjadi ketidakstabilan seperti mot… Read More
  • CARA MENGATUR SHIFT LIGHT SUZUKI GSX R150  Kali ini kita bakal membahas soal jangan telat pindah gigi di Suzuki GSX-R150. Karena jika pas maka bisa irit bensin, atau performa maksimal diraih. Nah biar enggak telat pindah gigi, kebetulan di GSX-R150 ada fitu… Read More
  • SOLUSI ATASI IDLING STOP SISTEM BERMASALAH Sering kita dengar  pengguna motor Honda yang mengeluh karena teknologi Idling Stop System (ISS) pada motor Honda mereka berhenti berfungsi. Banyak pemilik yang bahkan langsung datang ke bengkel resmi  untuk di… Read More