8.7.18

JENIS & MACAM POMPA OLI PADA MOTOR





Pompa oli dalam sistem kerja pelumasan motor sangatlah vital. Jika terjadi gangguan pada pompa oli dapat mengakibatkan macetnya mesin motor dan akan mengakibatkan rusaknya komponen bergerak pada mesin. 


Untuk volume oli yang dipompakan sudah diatur dan disesuaikan oleh masing - masing pabrikan motor agar tidak berlebihan atau kurang. Jika suplai oli berkurang karena terganggunya kinerja pompa oli dapat juga mengakibatkan terganggunya kinerja mesin motor.

Berikut ini macam - macam tipe pompa oli yang sering digunakan pada sepeda motor :


1. Pompa oli tipe Plunger
Pompa oli tipe ini biasanya digunakan pada motor lawas/kuno dengan sistem kering.

2. Pompa oli tipe gear
Pompa oli ini berfungsi karena putaran 2 gigi didalam rumah pompa oli, oli ditarik dari bak oli melalui lubang inlet dan disalurkan ke seluruh bagian mesin melalui lubang outlet
3. Pompa oli tipe trochoid
Pompa oli ini bekerja dengan dua rotor pada kecepatan berbeda, sehingga menyebabkan perbedaan volume pada kedua rotor tersebut. Karena adanya perbedaan volume tersebut oli dapat mengalir.

Related Posts:

  • TIPS & ATURAN BILA MENGGANTI VELG & BAN BEDA UKURAN Banyak sekali para biker memodifikasi motornya dengan mengganti diameter velg dengan ukuran yang lebih kecil. Misalnya motor suzuki Thunder yang di modifikasi bentuk chopper yang mau tidak mau mengganti diameter roda den… Read More
  • PERBANDINGAN CAMPURAN UDARA DAN BENSIN Pada mesin kendaraan bermotor di kenal dengan perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang sering disebut AFR (Air Fuel Ratio). Tetapi perbandingan campuran bahan bakar  (bensin) dan udara berbeda menurut kondisi… Read More
  • ALASAN SILINDER MATIK SUZUKI TAK DAPAT DI KORTER Ada pertanyaan dari bikers, mengapa silinder matic suzuki tidak dapat di oversize atau di korter. Pastinya bikers semua penasaran dengan jawabannya, berikut sedikit ulasannya Silinder matic suzuki tidak dapat di overs… Read More
  • FUNGSI TOMBOL PADA SPEEDOMETER SATRIA FU Pada akhir 2008 pihak suzuki melengkapi New Satria Fu 150 dengan tehnologi terbaru yaitu Suzuki Drive Mode Switch atau di singkat S-DMS yang di tempatkan sebelah kanan speedometer New Satria Fu 150. Pastinya jadi pertan… Read More
  • CARA MUDAH CEGAH KOMPRESI BOCOR PADA MOTOR MATIK Kinerja mesin motor matik pastilah lebih berat karena Penerus tenaga ke roda tidak menggunakan gigi bertingkat seperti gigi 1,2,3,4 yang membuat ringan kerja engine. Ditambah lagi sistem pendinginnya full kipas dari puta… Read More