27.2.15

CARA PASANG RING SEHER




                                          TELITI AGAR KOMPRESI TERJAGA





Urusan tenaga motor tidak terlepas dari kompresi dan itu yang harus dijaga pada pacuan para pencinta kecepatan . Soal kompresi itu adalah tugas dari komponen yang disebut seher dan ring seher padat atau tidaknya kompresi sangat ditentukan dari benar atau tidaknya cara kita memasang komponen tersebut .
 
Dalam memasang ring seher di piston tak boleh sembarangan atau asal terutama di motor 4 tak karena pada motor 4 tak memiliki dua ring kompresi dan satu ring oli atau pelumasan .Ada perbedaan antara ring kompresi 1 dan ring kompresi 2 .
Jika salah dalam menentukan mana ring kompresi 1 dan kompresi 2 tentunya funsi yang diharapkan tidak akan terpenuhi . Meskipun sama fungsi yaitu merapatkan kompresi di ruang bakar tapi tiap ring punya peran yang beda.

Ring kompresi 1 yang perukaannya rata berfungsi menekan dinding silinder sehingga kompresi tidak bocor . Ring kompresi 2 permukaannya lebih membentuk sudut berfungsi menjaga kerapatan dan membersihkan lapisan minyak atau oli yang ada pada dinding silinder sehingga menghidari oli terbakar yang menyebabkan keluarnya asap putih pada knalpot .

                                                                                                                                           


Ketika memasang ring kompresi jangan menempatkan celah ring pada satu titik karena hal itu akan menyebabkan terjadinya kebocoran kompresi pada celah ujung cincin oli . Tempatkan atau posisikan ring kompresi sehingga membentuk sudut 120 derajat juga tak lupa perhatikan kode yang tertera pada ring tetap pada posisi diatas .