8.3.15

ATASI MASALAH MOTOR SUSAH PINDAH GIGI


                MENCARI SUMBER MASALAH

    Sebab atau masalah sulit oper atau pindah gigi berujung pada banyaknya pendapat . Ada yang menyebut kampas dan kopling habis , stelan kopling terlalu renggang bahkan ada yang berpendapat susunan girbok bermasalah . Apalagi masalah tersebut timbul setelah tunggangan lama dipakai dengan kata lain sudah mulai berumur dan bukan pada motor baru . Jika terjadi pada motor baru pasti mudah untuk di kenali dan mudah diatasi . Tapi jika timbul pada motor yang sudah berusia dan langkah menyetel setelan kopling sudah dilakukan dan masih juga sulit pindah gigi berarti ada komponen lain yang menjadi masalah .

    
Bila kita cermati , jika masalahnya dari kampas dan kopling biasanya motor kurang bertenaga juga ngelos saat di slah atau kick starter dan jika masalahnya dari girbok tentu bukan cuma tidak bisa pindah gigi tapi juga takan bisa berputar . Pertama yang perlu dicermati dari masalah tersebut adalah batang [ Garpu ] pemindah gigi serta penekan kopling pada motor bebek . Bila pada motor bebek stelan kopling sudah mentok tapi masih sulit pindah gigi segera sobat cek penekan kampas kopling di dalam bak kopling . Komponen ini berupa bola - bola dan berfungsi menekan kampas kopling denagan bantuan putaran as kopling .






   Jika bola - bola penekan masih bagus dan tidak dalam kondisi aus . Masalah tsb bisa juga ditimbulkan dari tangkai pengait drum pemindah yang sudah mulai aus pada salah satu bagiannya serta pegas kecil yang berfungsi sebagai penegang tangkai sudah mulai lemah . Tanda atau indikasi jika per atau pegas tersebut lemah adalah perseneling terkadang membalik dengan sendirinya dan ini bisa terjadi pada motor tipe sport .