29.3.15

BIAYA PERAWATAN & SERVIS HONDA CBR 250 CC



Produk andalan Honda di kelas 250 cc adalah CBR 250 . Untuk perawatan selepas masa garansi sebaiknya memperhatikan kilometer jarak yang telah ditempuh . Servis gratis untuk CBR 250 hanya berlaku empat kali selama satu tahun di luar itu konsumen harus keluar ongkos sendiri untuk perawatan dan sevis berkala . Setiap komponen mengalami penggantian sesuai dengan kilometer .

Pada usia pakai di atas satu tahun penggantian part atau komponen belum terlalu banyak . Apalagi konsumen motor kelas premium ini biasanya jarang menggunakan motornya untuk sehari - hari sehingga kilometer yang dicapai cenderung lebih lama .

Untuk kerusakan masih jarang ditemukan kasusnya . Tapi perawatan yang dilakukan hanya servis rutin yang meliputi pelumasan pada rantai dan pengecekan kaki - kaki . Untuk penggantian komponen konsumen dapat memakai patokan kilometer antara lain seperti oli filter dan oli mesin yang harus diganti pada kilometer 12 ribu dan setiap kelipatannya .

Karena kualitas bbm di negara ini kurang sip maka pergantian filter bensin hendaknya rutin dilakukan pada kilometer 48 ribu dan kelipatannya . Sekalipun memakai pertamax tetap harus di perhatikan takutnya suplai bensin terganggu hingga merembet ke mesin .

Pergantian busi sebaiknya segera dilakukan jika kilometer sudah menyentuh angka 48 ribu . Pada pemakaian tersebut daya busi sudah mulai berkurang dapat di lihat dari indikasi jika sudah mulai susah pada saat di start Serta tak lupa cek minyak rem dan menggantinya pada setiap 18 - 20 ribu km agar daya cengkram tetap terjaga .

DAFTAR HARGA FAST MOVING
Busi                          Rp 185.000
Rantai                       Rp 608.000
Saringan udara          Rp 77.000
Filter oli                    Rp 49.000
Oli mesin                  Rp 74.000
Minyak rem              Rp 8.500



sumber : berbagai sumber