9.3.15

SETELAN KERENGGANGAN KLEP MOTOR SPORT


        PERHATIKAN AGAR MESIN TETAP FIT


Untuk menjaga agar mesin motor kita tetap fit ada baiknya kita untuk memperhatikan kerenggangan atau celah klep pada tunggangan kita . Sebab bila kerenggangan tidak ideal akan berakibat pada motor . Seperti motor jadi lebih boros dari sebelumnya . Menyetel celah klep bertujuan untuk memberikan jarak pemuaian antara klep dengan silinder head . Karena perbedaan material baja [ klep ] dengan alumunium [ silinder head ] agar bisa pas pada waktu mesin dalam kondisi dingin atau panas .      

Setelan celah klep rapat akan berakibat konsumsi bbm lebih boros . Karena komperi mengalami kebocoran dan bila terlalu renggang akan timbul suara berisik . Karena itu diperlukan setelan kerenggangan yang sesuai atau ideal tetapi kerenggangan klep saat ini tidak hanya berdasarkan setelan filler gauge saja namun motor  motor tertentu telah memakai sim klep . Untuk yang menggunakan sim klep bila celah sudah tak sesuai bisa mengganti sim klep dengan ketebalan sim yang berbeda .

Biasanya tiap pabrikan memberikan batasan maksimal alias toleransi kerenggangan . Biar kita tidak asal tebak dalam menyetel celah klep berikut ada ukuran acuan buat motor sport .


 TABEL KERENGGANGAN KLEP

  HONDA                                 IN                      EX
                                   
  Tiger                                        0.10                  0.15      
   Mega Pro                               0.08                  0.12
   CB150R                                 0,16                 0,25
   CBR250                                 0,16                  0,27

   KAWASAKI

   KLX                                0,04 - 0,08             0,09 - 0,12
   KLX250                          0,10 - 0,19             0,15 - 0,24
   Ninja 250                        0,15 - 0,24            0,22 - 0,29

   SUZUKI

   Thunder 125                    0,03 - 0,08             0,08 - 0,13
   Thunder 250                    0,03 - 0,08             0,08 - 0,13

   YAMAHA

   V - ixion                          0,16 - 0,20              0,25
    Scorpio                            0,10                       0,16
                                    

Related Posts:

  • Tips memilih dan membeli piringan cakram                 PERHATIKAN FUNGSI DAN ARAH ROTASI       Perkembangan desain piringan atau cakram saat ini bisa dibilang sangat beragam , selain model sta… Read More
  • KODE ATAU SIMBOL PADA BAN Hallo bro dan sob kali ini kita sajikan rubrik SPION Rubrik ini menyajikan tips - tips sederhana tapi akan terasa manfaatnya buat bro dan sob tentunya untuk tunggangan bro sekalian .           &nb… Read More
  • TRIK PERBAIKI KARBURATOR IMITASI     CERMAT AKALI SETINGAN KARBURATOR                Kerap dirasakan pemilik motor yang usia motonya sudah mulai uzur diantaranya seperti langsam y… Read More
  • BIAYA PERAWATAN MOTOR MINERVA 250 CC Hampii semua produsen motor di Indonesia mengeluarkan tipe motor sport 250 cc . Segmen ini cukup berkembang sejak lima tahun lalu dan kini hampir semua merek memiliki tipe ini . Minerva salah satunya dan buat pen… Read More
  • CARA MENGATASI KARBURATOR BANJIR MENCARI SUMBER MASALAH Hobi sobat yang suka memodifikasi mesin motor kesayangan kebanyakan menuntut kucuran bahan bakar lebih ke ruang bakar silinder . Banyak diantara sobat yang mengganti karbu bawaan dengan karburator… Read More