22.9.17

FUNGSI LUBANG PERNAFASAN PADA MESIN MOTOR




Di setiap mesin pada kendaraan bermotor pasti membutuhkan sirkulasi udara agar setiap proses pembakaran selalu berada dalam suhu yang ideal guna mencapai performa yang optomal .

Sedangkan fungsi dari lubang pernafasan mesin itu sendiri sangatlah vital dan ulasan berikut dibawah ini akan sedikit memberikan informasi terkait lubang pernafasan pada mesin motor .

Fungsi dari lubang pernafasan mesin sebagai berikut :

1. Sebagai tempat sirkulasinya udara dalam mesin, maksudnya adalah pada saat Piston berada di Titik mati bawah (TMB) menuju Titik mati atas (TMA) akan terjadi kevakuman di ruang kalter. Sehingga udara dari luar mesin akan terhisap kedalam ruang kalter. Begitu juga sebaliknya pada saat Piston berada di Titik mati atas (TMA) menuju Titik mati bawah (TMB) akan terjadi Pemampatan udara di ruang kalter. Sehingga udara yang berada di belakang piston akan mendorong udara pada kalter untuk keluar dari mesin.

2. Sebagai media pendingin mesin, selain oli sebagai media pembawa panas mesin. Lubang pernafasan berfungsi sebagai media pemawa panas mesin untuk di keluarkan melalui lubang pernafasan dan menggantikan udara panas dengan udara dingin dari udara luar.

3. Sebagai media penghangat udara, maksudnya adalah udara panas yang di keluarkan oleh lubang pernafasan mesin akan di masukkan ke dalam kotak filter udara untuk membantu memanaskan udara yang akan masuk ke karburator. Karena apabila udara yang akan masuk ke karburator dalam keadaan hangat, pembakaran di dalam mesin akan lebih sempurna.

4. Sebagai penyalur kompresi yang bocor. Pada saat mesin melakukan langkah kompresi hampir bisa di pastikan ada campuran bahan bakar dan udara yang nyelonong di antara ring piston dan liner silinder menuju ruang kalter. Pada saat di ruang kalter tersebutlah campuran bahan bakar dan udara yang nyelonong tadi di pompa kembali ke kotak filter udara agar tidak mencemari udara.

Serta yang tak kalah penting adalah lubang pernafasan mesin berguna untuk menstabilkan panas mesin.

Related Posts:

  • TIPS MEMILIH BEARING KRUK AS SATRIA FU Karena pemakaiannya sehari hari masalah yang timbul pada motor pasti ada saja seperti misalnya suara motor menjadi kasar dan lain lain . Terlebih suara kasar yang timbul ada nya pada mesin bagian tengah . Bisa dipa… Read More
  • Aneka wearpack harga terjangkau buat cornering Jaman sekarang yang punya wearpack bukan hanya pembalap . Banyak komunitas cornering yang banyak punya wp sendiri . Kalau biker masih beranggapan bikin wearpack tuk balap itu mahal ternyata enggak bro . Sekarang hamp… Read More
  • JENIS & DAFTAR HARGA TOOLS KOREK MESIN Mengorek mesin tentu tidak asal main feeling semua aspek pasti harus pakai perhitungan agar performa yang dihasilkan jadi maksimal . Untuk dapat hasil maksimal pasti dibutuhkan alat ukur yang mempunyai nilai akura… Read More
  • PENYEBAB ( 4 ) BUSI MOTOR CEPAT MATI & RUSAK Busi adalah suku cadang motor yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston.  Busi memang mempunyai bentuk … Read More
  • TRIK AGAR KAMPAS KOPLING JUPITER MX TAK GOSONG Masalah kampas kopling yamaha jupiter mx yang cepat hangus atau keras sering kita temukan  Ada banyak trik atau cara agar tak hangus lagi diantaranya dengan menambah volume oli menjadi 1 liter  Atau den… Read More