21.9.17

CARA / LANGKAH MENYETEL LANGSAM TIGER REVO



Banyak bikers suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Tapi hati-hati cara seperti itu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan 

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, jadi pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor bikers karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya.

Berikut  akan diulas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang tepat.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution. Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah  1300 – 1500RPM

Berikut caranya:

Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM

Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil 

Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer.

Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil) Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran bbm tidak tepat

Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung) Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara

Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balikPeriksa per skep mungkin sudah lemahPeriksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik

Periksa, kemungkinan bbm bercampur dengan air.
Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik

Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.

Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Mudah mudahan sedikit ulasan diatas bisa membantu problem saat biker semua dalam menyetel langsam / stasioner.

Related Posts:

  • PENYEBAB STANDAR TENGAH MATIK MACET     Penyebab standar tengah matic sobray macet atau sulit di buka ? Penyebabnya ternyata sepele loh " awalnya agak seret tapi lama lama menjadi macet dan berat untuk digunakan .  Sebenarnya standar tenga… Read More
  • TIPS BERKENDARA HARIAN AGAR HEMAT BBM Hidup di kota besar yang kerap kali menghadapi kemacetan dan perjalanan yang jaraknya jauh membuat penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) lebih banyak. Penggunaan BBM yang banyak akan memaksa para pengguna ken… Read More
  • TRIK BIKIN AKSELERASI CEPAT & NAPAS PANJANG MATIK Banyak cara yang bisa ditempuh speedhollic untuk mengakali akselerasi motor matic khususnya di putaran atas . Salah satu yang paling sering ditempuh mengeruk jalur roller . selain mudah diterapkan cara ini sangat ampuh b… Read More
  • CARA MEMBUAT TERANG LAMPU MOTOR ANTIK Penggemar motor tua pasti pernah mengeluh performa cahaya lampunya meredup atau tak menyorot . Nah tuk pengguna Honda CB 100 bisa mencoba tip ini . Coba comot atau pakai kiprok milik Vespa PX . Kelebihan kiprok PX… Read More
  • PILIHAN MOTOR HARIAN UNTUK MODIF TRAIL  Olah raga adventure sekarang jadi pilihan sip untuk refreshing .Tapi beli motor spek adventure pastinya menguras isi dompet contohnya saja seperti Kawasaki KLX series saja paling murah dikisaran Rp 30 jutaan belum j… Read More