21.9.17

CARA / LANGKAH MENYETEL LANGSAM TIGER REVO



Banyak bikers suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Tapi hati-hati cara seperti itu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan 

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, jadi pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor bikers karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya.

Berikut  akan diulas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang tepat.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution. Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah  1300 – 1500RPM

Berikut caranya:

Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM

Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil 

Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer.

Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil) Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran bbm tidak tepat

Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung) Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara

Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balikPeriksa per skep mungkin sudah lemahPeriksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik

Periksa, kemungkinan bbm bercampur dengan air.
Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik

Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.

Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Mudah mudahan sedikit ulasan diatas bisa membantu problem saat biker semua dalam menyetel langsam / stasioner.