16.9.17

KELEBIHAN & KEKURANGAN LAMPU LED




Pasti semua biker tahu bahwa saat ini produsen motor untuk fitur penerangan utamanya memakai model lampu LED (Light Emitted Diode).  Yang mengawali pemakaian LED pada motor suzuki adalah New Shogun 125 (FL) pada lampu rem dan lampu belakangnya. pastinya bikers semua ingin tahu dong apa sih keuntungan dan kerugian memakai lampu LED

Keuntungan memakai LED adalah sangat kecil dalam konsumsi listrik, berkisar 0,2 watt. Coba bikers hitung apabila lampu belakang motor memakai 5 LED, konsumsi listrik yang di butuhkan cuma berkisar 1 watt saja dan cahaya dari LED jauh lebih terang dari bohlam yang biasa kita pakai pada motor kesayangan kita. 

Keuntungan lainnya adalah LED jauh lebih awet di bandingkan bohlam, perbandingannya berkisar 4-5 kali umur bohlam biasa. Dan dari segi safety atau keamanan LED lebih unggul, karena apabila lampu belakang kita di ganti memakai sistem LED jika LED mati 1-2 LED masih ada 3-4 LED yang masih menyala dan motor kita masih terpantau oleh kendaraan di belakangnya.

Kerugian memakai LED adalah LED tidak bisa di pakai untuk lampu utama atau lampu depan, karena cahaya LED yang berpencar ke semua arah tidak bisa fokus seperti cahaya lampu bohlam kecuali memakai reflektor khusus pada tiap biji LEDnya.

Setelah melakukan uji coba untuk lampu depan jika hanya memakai reflektor bawaan motor dan led dibiarkan telanjang, fokus sinar LED cuma berkisar 2 meter saja

Kesimpulannya, LED bisa digunakan untuk lampu kota, lampu belakang(lampu rem), lampu sein dan tidak cocok untuk lampu utama atau lampu depan jika tidak dibantu dengan reflektor tambahan pada LED itu sendiri.