16.12.17

Solusi Agar Honda Scoopy Tak Brebet & Boros Bensin Lagi



Mengatasi masalah pada Honda scoopy dengan keluhan boros bensin dan brebet saat tarikan awal merupakan kendala yang umum untuk type Scoopy dengan sistem bahan bakar menggunakan karburator atau PGMFI.

Beberapa bagian komponen atau part yang sangat berpengaruh sehingga memicu persoalan tersebut menandakan sudah diperlukan penanganan atau telah mencapai batas service berkala yang ditentukan.

Mengatasi Honda Scoopy tarikan brebet dan boros bahan bakar

Berikut ini adalah bagian yang perlu di service untuk mengatasi keluhan pada Honda scoopy dengan gejala tersebut diatas:

1 Filter atau saringan udara kotor

Kondisi filter kotor akan menyebabkan suplai udara menuju ruang bakar menjadi tidak maksimal sehinga campuran bensin kurang sempurna.

Akibatnya adalah proses pembakaran menjadi tidak stabil kadang besar kadang kecil kemudian dampaknya mesin terasa mbrebet dan pasti boros bensin.

2 Busi sudah aus

Meskipun tidak sampai mati, komponen yang satu ini tetap memiliki masa atau waktu optimal pemakaian.

Seiring lamanya digunakan akan menimbulkan kerak dan celah atau kerenggangan busi semakin tidak teratur.

Penyalaan (pengapian) akan terganggu jika kondisi busi sudah memasuki masa penggantian yang idealnya adalah untuk pemakaian 10 ribu KM. Baca juga tentang masalah busi sering hitam dan mati.

3 Setel klep (Valve)

Posisi kerenggangan klep sangat perlu diperhatikan karena apabila terlalu rapat maka akan cepat terbuka dan membutuhkan timing yang lebih lama untuk menutup demikian pula sebaliknya.

Klep ini berperan agar menjaga ruang bakar memiliki kompresi yang padat untuk menjadi tenaga sepenuhnya mendorong piston setelah proses pembakaran.

4 Setting putaran mesin (RPM) stasioner

Honda scoopy mbrebet bisa diakibatkan oleh setelan RPM mesin yang terlalu rendah sehingga tarikan gas menjadi terlalu dalam.

Hal ini akan beresiko ketika sedang pada posisi mesin break yang mana pasokan bahan bakar dan udara sangat minim sehingga saat gas dibuka menjadi tidak konstan.

Untuk Honda scoopy yang masih menggunakan system bahan bakar karburator perlu dilakukan setelan pada idle crew dan pembersihan total karburator.

Untuk type PGMFI lakukan pemeriksaan pada sensor injeksi dan sensor EOT untuk memastikan standart tekanan pompa bahan bakar. Simak juga masalah pada Honda beat bergetar.