16.12.17

Solusi Agar Honda Scoopy Tak Brebet & Boros Bensin Lagi



Mengatasi masalah pada Honda scoopy dengan keluhan boros bensin dan brebet saat tarikan awal merupakan kendala yang umum untuk type Scoopy dengan sistem bahan bakar menggunakan karburator atau PGMFI.

Beberapa bagian komponen atau part yang sangat berpengaruh sehingga memicu persoalan tersebut menandakan sudah diperlukan penanganan atau telah mencapai batas service berkala yang ditentukan.

Mengatasi Honda Scoopy tarikan brebet dan boros bahan bakar

Berikut ini adalah bagian yang perlu di service untuk mengatasi keluhan pada Honda scoopy dengan gejala tersebut diatas:

1 Filter atau saringan udara kotor

Kondisi filter kotor akan menyebabkan suplai udara menuju ruang bakar menjadi tidak maksimal sehinga campuran bensin kurang sempurna.

Akibatnya adalah proses pembakaran menjadi tidak stabil kadang besar kadang kecil kemudian dampaknya mesin terasa mbrebet dan pasti boros bensin.

2 Busi sudah aus

Meskipun tidak sampai mati, komponen yang satu ini tetap memiliki masa atau waktu optimal pemakaian.

Seiring lamanya digunakan akan menimbulkan kerak dan celah atau kerenggangan busi semakin tidak teratur.

Penyalaan (pengapian) akan terganggu jika kondisi busi sudah memasuki masa penggantian yang idealnya adalah untuk pemakaian 10 ribu KM. Baca juga tentang masalah busi sering hitam dan mati.

3 Setel klep (Valve)

Posisi kerenggangan klep sangat perlu diperhatikan karena apabila terlalu rapat maka akan cepat terbuka dan membutuhkan timing yang lebih lama untuk menutup demikian pula sebaliknya.

Klep ini berperan agar menjaga ruang bakar memiliki kompresi yang padat untuk menjadi tenaga sepenuhnya mendorong piston setelah proses pembakaran.

4 Setting putaran mesin (RPM) stasioner

Honda scoopy mbrebet bisa diakibatkan oleh setelan RPM mesin yang terlalu rendah sehingga tarikan gas menjadi terlalu dalam.

Hal ini akan beresiko ketika sedang pada posisi mesin break yang mana pasokan bahan bakar dan udara sangat minim sehingga saat gas dibuka menjadi tidak konstan.

Untuk Honda scoopy yang masih menggunakan system bahan bakar karburator perlu dilakukan setelan pada idle crew dan pembersihan total karburator.

Untuk type PGMFI lakukan pemeriksaan pada sensor injeksi dan sensor EOT untuk memastikan standart tekanan pompa bahan bakar. Simak juga masalah pada Honda beat bergetar.

Related Posts:

  • SUBTITUSI & PERSAMAAN KAMPAS KOPLING KLX 150 Masalah Kawasaki KLX 150 yang klasik adalah seputar kopling yang sering slip dan bahkan hangus dan berujung performa motor jadi gak maksimal . Buat biker mengalami kondisi demikian nih...ada solusi paling top tuk … Read More
  • CARA ATASI MIO J ENDUT - ENDUTAN                  Biker pengguna Yamaha matik Mio J yang pernah atau yang sedang bingung karena tarikan motornya bermasalah ketika di gas dan terasa endut - endutan seperti te… Read More
  • Aplikasi noken as satria fu 150 di honda CBR 150 R Ada kesamaan teknologi double over head cylinder pada kedua kedua varian berbeda merk ini . Yaitu kesamaan bentuk walaupun profil keduanya berbeda yang artinya kedua motor ini bisa saling tukar noken as . Ada beber… Read More
  • Trik & cara mengecek spool pengisian pada motor Untuk sahabat bikers yang hobi upgrade pada semplakannya terutama sektor kelistrikan diantaranya seperti mengaplikasi lampu tambahan dan part kelistrikan lainnya ada baiknya pantau dulu arus pengisian motor . Sebab ji… Read More
  • CARA MENGECEK SOKBREKER DEPAN GOYANG DAN LIMBUNG Pernah mengalami sokbreker depan motor bunyi " bletak " saat melibas lubang atau polisi tidur ? penyebabnya bisa jadi per sok yang mulai lemah atau volume oli sok yang sudah minta ganti . Pada umumnya yang sering te… Read More