17.12.17

Trik Bikin Lentur Lagi Karet Vakum Karbu Matik Biar Tarikan Respon Lagi



Pada matic macam Honda Beat dan Vario lama yang masih pakai karbu model vacuum memang kerap timbul masalah. Yang sering skepnya ceket alias nggak mau ngangkat. Kalo sudah begitu buru-buru deh sampeyan tengokin karet skep vakumnya.

Biasanya disebabkan oleh karet vakum yang sudah mengeras (kaku). Fungsi karet tadi untuk mengangkat skep yang dihasilkan dari kevakuman udara pada bagian atas karbu. Nah kalo si karet sudah ‘kaku’ alias mengeras akan ‘lelet’ buat ngangkat skep.

Jadinya lari motor seperti nahan di putaran tengah. Penyebabnya bisa karena faktor usia pakai yang sudah lama. Juga efek dari panas mesin termasuk kena cipratan bensin juga.

Solusinya ya mesti ganti dengan yang baru. Namun sayang harganya lumayan mahal lantaran karet tadi dipaten dengan skepnya. Skep Beat atau Vario tadi dibandrol Rp 375 ribuan, itu untuk versi impor Japan. Sedang yang ori keluaran AHM sendiri dihargai sekitar Rp 80 ribuan.

Tapi tenang bro buat mengatasi masalah tadi ada tipsnya. Sampeyan cukup sediakan bensin dan tiner, silahkan campur dua cairan tadi pada loyang/ember. Perbandingannya 2:1. ( Misal 200 cc bensin dicampur dengan 100 cc tiner). Sekarang tinggal sampeyan rendam karet/skep tadi ke dalam campuran tadi kurang lebih 30 menit atau sampai karet tadi lemes kembali.