17.7.18

PENGERTIAN SQUISH DAN DOME PADA SILINDERHEAD




Yang di maksud dengan Squish dan Dome pada silinder head. Istilah ini sering kita dengar di dunia balap, karena sangat berpengaruh dengan performa motor. Karena apabila salah setingan dengan squish bukannya menaikkan performa malah menurunkan performa motor.



Pada squish ada istilah lebar squish, sudut squish, dan jarak squish dengan piston. Yang di maksud dengan lebar squish adalah lebar dari irisan dari bibir silinder head sampai bibir dome. Sudut squish adalah derajat kemiringan squish diukur dari rata kepala silinder. Dan Jarak squish adalah jarak aman piston dengan squish, karena apabila jarak ini tidak diatur dengan baik piston akan berbenturan dengan kepala silinder.



Fungsi Squish adalah sebagai pengarah turbulensi campuran bahan bakar dan udara pada dome agar terbakar sempurna. Dan fungsi lainnya adalah sebagai pemampat kompresi motor agar kompresi lebih tinggi, oleh sebab itu banyak mekanik balap yang memapas silinder head dan mengatur ulang squish untuk mendapatkan kompresi tinggi pada motor. 


Yang di maksud DOME pada silinder head adalah kubah tempat terbakarnya campuran bahan bakar. Bentuk dome atau kubah di pengaruhi oleh sudut kemiringan klep, semakin kecil volume kubah semakin tinggi kompresi mesin.


Related Posts:

  • PENGARUH BUSI RACING PADA MESIN STANDAR Busi racing dibuat untuk ruang bakar yang bertekanan tinggi. Makanya disebut busi dingin. Maksudnya walau ruang bangkarnya panas ala racing, businya tetap dingin terkontrol percikan apinya. Contoh mesin racing untuk 4T … Read More
  • PENGARUH TEGANGAN ACCU PADA SISTEM PENGAPIAN Baterai adalah sumber api dari sistem pengapian. Kekuatan dari baterai (accu) dapat dinyatakan dengan tegangan (volt) yang dimiliki, artinya kekuatan baterai sebagai sumber api tergantung dari besarnya tegangan baterai.… Read More
  • Apa Itu Sistem CBS & ABS Apa Pula Keunggulannya Astra Honda Motor resmi menghadirkan skuter matik premiumnya, PCX. Penantang Yamaha NMax ini, kini sudah dirakit lokal dan memiliki harga yang jauh lebih terjangkau, dibanding model sebelumnya yang masih impor. Honda … Read More
  • Ternyata Lubang Pada Piringan Cakram Ada Fungsinya Lho !! Lubang pada piringan cakram berfungsi untuk mengusir panas akibat gesekan kampas rem. Serta Rem berfungsi untuk meredam laju atau kecepatan sepeda motor. Karena fungsinya yang sangat vital, selalu perhatikan kondisi re… Read More
  • Sistem Injeksi EPI Pada Motor Suzuki Nex SUZUKI EPI adalah sistem penyuplai bahan bakar seperti halnya EFI (electrinic fuel Injection) yang biasa di pakai oleh motor - motor besar SUZUKI seperti Hayabusa dan mobil injeksi SUZUKI. Jadi yang membedakan teknologi… Read More