Sejak beberapa tahun ke belakang, ada motor baru yang tidak dilengkapi kick-starter. Padahal, fitur tersebut dianggap sebagai penyelamat saat aki sedang bermasalah.
Tak sedikit motor yang dirilis beberapa tahun ke belakang ternyata tidak dilengkapi dengan kick-starter. Sebut saja, Honda Vario 150, Kawasaki W175, Yamaha Nmax, dan Honda PCX, hanya bisa dinyalakan dengan electric-starter.
Hal ini akhirnya menimbulkan pertanyaan, seandainya motor tidak mau menyala, bisa jadi karena aki, solusinya bagaimana?
Kalau motor tanpa kick-starter mogok, solusinya hanya satu, kayak mobil, jumper.
Jumper aki sebenarnya cukup lumrah untuk mengatasi mobil mogok akibat aki bermasalah. Caranya ialah menghubungkan aki yang rusak dengan aki sehat menggunakan kabel. Mudahnya, kabel menghubungkan sesama kutub positif aki dan negatifnya.
Jika cara tersebut tidak bisa, solusinya hanyalah menyetrum ulang atau bahkan mengganti aki yang bermasalah tersebut.
Sebenarnya, ada solusi lain, dengan menggunakan engine-brake. Artinya, motor didorong terlebih dahulu sampai melaju cukup kencang, kemudian dimasukkan ke gear-2.
Namun, hal ini tidak bisa dilakukan pada motor matic. Pasalnya, pada skutik,karena engine-brake baru bisa berfungsi ketika putaran mesin berada di atas 2.000 rpm.