10.8.18

FITUR HONDA FORSA PESAING YAMAHA XMAX



Hadirnya Honda Forza 250 di Indonesia akan bersaing dengan Yamaha Xmax, yang lebih dulu beredar di pasar dalam negeri. Namun demikian, matik bongsor Honda yang meluncur di GIIAS 2018 ini memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang Yamaha Xmax.

Harga Forza berkisar Rp 70 jutaan, sedangkan XMax Rp 27,8 jutaan. Apa yang membuat Forza lebih mahal, jika mereka berada di kelas yang sama?

1. Windshield Elektrik

Forza 250 lebih istimewa lantaran punya windshield eletrik yang bisa diatur ketinggiannya hanya dengan menekan tombol. Posisi tinggi dipakai bila pengendara menginginkan terpaan angin yang minim ke tubuh. Sementara posisi windshield rendah, cocok untuk meningkatkan aerodinamika ketika ingin berakselerasi maksimal. Windshield Xmax juga bisa diatur ketinggiannya, namun harus manual karena belum elektrik.

2. Alarm

Keduanya dilengkapi teknologi keyless dan remote pintar. Di remote itu juga terintegrasi fitur answer back system, berguna memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Menariknya, Forza 250 punya fitur tambahan, anti theft alarm. Alarm ini sangat penting untuk mencegah maling. Sedangkan XMax belum dilengkapi fitur ini.

3. Dimensi Kompak

Walau Forza masuk kelas skutik bongsor, namun dimensinya lebih kompak dari XMax. Setidaknya itu yang tampak dari spesifikasi di atas kertas. Forza memiliki panjang 2.142 mm, lebar 754 mm, dan tinggi 1.472 mm. Coba lihat XMax yang memiliki panjang 2,185 mm, lebar 775 mm, dan 1.465 mm. Dengan dimensi tersebut, harusnya skutik Honda lebih asyik dipakai selap-selip di kemacetan jalan.

4. Jok Rendah

Forza 250 memiliki kok yang lebih rendah sekitar 15 mm. Ini membuat pengendara semakin percaya diri ketika menunggangi motor dikemacetan. Setidaknya, bagi pemilik tinggi 168 cm, kaki tak jinjit berlebihan seperti penari balet saat harus menjejak aspal.

5. Tampak Mewah

Selera memang tak bisa bohong. Seperti Forza 250 yang punya tampang lebih mewah dibanding XMax. Salah sat yang membuatnya begitu karena desain jok yang menggunakan warna two tone. Kemudian, knalpot ditambahkan kombinasi elemen krom. Tidak ketinggalan lampu sein LED terintegrasi di spion, juga menjadikannya semakin mentereng. berbeda dengan XMax yang lebih banyak dicat hitam, sehingga aura sporty lebih kental dibanding mewah.