3.8.18

TIPS MODIFIKASI MOTOR BERKONSEP SCRAMBLE




Bukan rahasia umum bahwa jalanan di Tanah Air tidak sepenuhnya mulus. Sering kita jumpai jalanan yang bergelombang atau bahkan berbatu dan belum diaspal. Kondisi jalanan yang kurang baik in bisa diakibatkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah tergerus air hujan.


Untuk mengakalinya, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah menggunakan kendaraan semi off road. Kendaraan ini dipilih lantaran dapat melintasi segala jenis jalan. 


Tidak perlu membeli motor baru, para pemilik kendaraan bisa melakukan modifikasi dengan konsep off road sehingga motor dapat dikendarai dengan nyaman saat menerjang lintasan bergelombang. Dari beberapa jenis modifikasi yang ada, salah satu konsep yang cukup digandrungi oleh para pecinta roda dua adalah scrambler.


Konsep modifikasi scrambler menghadirkan tampilan motor yang sederhana, namun tetap tangguh dan cepat. Biasanya motor yang digunakan dalam modifikasi ini adalah motor sport.


Perlu diketahui, scrambler sejatinya merupakan turunan dari Jap’s Style, namun ditambah dengan kemampuan off road. Untuk merealisasikan konsep modifikasi scrambler, ada beberapa titik yang menjadi fokus modifikator. Antara lain rangka, desain knalpot, suspensi dan kaki-kaki.


Scrambler dan Jap’s Style sama (basisnya) termasuk kenyamanan. Beda hanya di desain knalpot kalau Scrambler .


Tujuan adanya ubahan pada desain knalpot agar saluran pembuangan ini tidak terganggu saat motor melewati genangan air yang cukup tinggi.


Langkah berikutnya adalah mengubah suspensi belakang. Suspensi bisa diganti dengan part aftermarket yang lebih panjang antara 20-50 mm dari ukuran standarnya. Sentuhan modifikasi ini membuat jarak ayunan roda lebih besar sehingga memudahkan motor untuk menaklukkan jalan berbatu.


Untuk ubahan di sektor kaki-kaki, bisa menggunakan pelek jari-jari yang lebih lentur saat digunakan melintasi medan off road. Ukuran pelek pada roda depan dan belakang dibuat sama pada diameter 18 inci dan dipadukan dengan ban jenis enduro.


Pemilik juga bisa menambahkan aksesori pendukung. Untuk konsep scrambler, aksesori yang bisa ditambahkan adalah setang yang lebar seperti milik motor trail. Di samping itu bisa pula menyematkan panel instrumen berukuran minimalis.