23.7.17

TRIK TUNE UP CVT




     Motor matic yang sudah berumur atau yang jam terbangnya tinggi setiap harinya . Pasti makin lama kemampuan akselerasinya  turun Pasalnya ada komponen yg mengalami penyusutan atau aus pd bagian penggerak CVT.

     Jika mau mengembalikan performanya seperti baru ya harus di TUNE UP . Cvt pada motor matic memang butuh perawatan yg lebih dibanding motor yg bertranmisi manual .

     Untuk tune up CVT setiap pabrikan cara dan periode servis berkala yang berbeda . Tapi prosesnya tak jauh berbeda . Seperti pabrikan Honda menganjurkan servis stiap 8000 km.

     Jika kita mau melakukannya sendiri dirumah pun bisa . Ritual yang bisa dilakukan adalah antara lain meliputi . Membersihkan debu pada blok CVT . Cek kondisi roller . Kampas ganda . V belt dan melumasi bagian bagian di dalamnya.

     Bila dilakukan sendiri kita siapkan kunci T 8 kunci ring 17 atau 19 jika punya treker sekalian siapkan agar saat membuka puli depan tidak dilakukan dgn cara merusaknya .

     Bila proses pembongkaran sudah di lakukan Giliran mur pengunci pada puli dan kampas ganda tuk di lepas . Setelah terlepas tinggal tarik puli dan bushing .

     Lalu cek kondisi roller apakah permukaan roller aus atau tidak . Jika sudah ada yang aus ganti segera satu set agar performa bisa kembali lagi .

     Begitu juga untuk pully belakang atau kampas cvt . Jika kondisi masih bagus cukup melakukan pembersihan dan memberi greas atau stempet pada bagian dalamnya.

     Lanjut tengok bagian V-belt . Jika sudah melewati masa efektif segera lakukan pergantian . Bila tidak ditakutkan v-belt putus Jika Yamaha setiap 20 ribu km . Honda dan Suzuki setiap 25 ribu km