5.12.17

FUNGSI SIRIP PADA SILINDER & HEAD BLOK



Membahas sirip pada silinder dan kepala silinder, mesti belajar lagi ilmu perpindahan panas ( Heat Transfer ). Para ahli menyebutkan panas dialirkan atau berpindah melalui tiga proses.Tiga teori itu masing Konduksi, konveksi dan radiasi masing – masing membedakan aliran panas berdasarkan media nya.

Konveksi, aliran panas pindah lewat molekul – molekul . Contoh, pada waktu kita merebus air, air panas yang dibawah naik ke atas. Apikasi pada motor ya Radiator.

Konduksi, dicontohkan pada aliran panas dari dinding silinder merambat menuju sirip – sirip silinder. Semakin luas permukaan silinder, semakin cepat pula transfer panas yang dialirkan dan dibuang ke udara.

Tapi perlu di ingat bahwa sirip silinder dan sirip kepala silinder sudah diatur oleh pabrik pembuat motor agar suhu mesin pada kondisi optimal. Apabila sirip silinder terlalu banyak mesin sulit untuk mencapai suhu optimal. Begitu juga sebaliknya, apabila sirip terlalu sedikit akan mengakibatkan mesin overheat. Mesin akan ngelitik dan susah lari.

Sirip silinder dan kepala silinder biasanya terbuat Almunium atau logam yang gampang menyalurkan panas. Dikalangan bikers remaja sering meniru – niru motor drag race dengan melobang sirip – sirip silinder dan kepala silinder, hal ini sangat berbahaya untuk motor yang di pakai untuk keperluan sehari – hari. Karena aliran panas akan terhambat oleh lubang.

Bentuk dari sirip silinder dan sirip kepala silinder sengaja dibuat tipis dan berkisi – kisi. Dengan tujuan agar di dapat permukaan yang luas. Sehingga mudah melepas panas ke udara bebas.
Pendinginan mesin agar lebih baik jikalau motor dalam keadaan bejalan.Karena mesin mendapatkan hembusan angin dari depan. Bandingkan jika anda berkendara di kemacetan kota dan berkendara di jalur bebas hambatan. Pasti temperatur mesin beda. Lebih cool untuk jalur bebas hambatan.

Mengapa sirip kepala silinder 2 tak lebih lebar dari 4 tak ? Itu karena mesin 2 tak lebih panas daripada 4 tak dan untuk mesin 2 tak bebek masih di tambah kipas pendingin yang di gerakkan kruk as (crankcase). Kesimpulan akhir, sirip di buat untuk jalan aliran panas mesin.

Related Posts:

  • FUNGSI TOMBOL PADA SPEEDOMETER SATRIA FU Pada akhir 2008 pihak suzuki melengkapi New Satria Fu 150 dengan tehnologi terbaru yaitu Suzuki Drive Mode Switch atau di singkat S-DMS yang di tempatkan sebelah kanan speedometer New Satria Fu 150. Pastinya jadi pertan… Read More
  • ALASAN SILINDER MATIK SUZUKI TAK DAPAT DI KORTER Ada pertanyaan dari bikers, mengapa silinder matic suzuki tidak dapat di oversize atau di korter. Pastinya bikers semua penasaran dengan jawabannya, berikut sedikit ulasannya Silinder matic suzuki tidak dapat di overs… Read More
  • PERBANDINGAN CAMPURAN UDARA DAN BENSIN Pada mesin kendaraan bermotor di kenal dengan perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang sering disebut AFR (Air Fuel Ratio). Tetapi perbandingan campuran bahan bakar  (bensin) dan udara berbeda menurut kondisi… Read More
  • TIPS & ATURAN BILA MENGGANTI VELG & BAN BEDA UKURAN Banyak sekali para biker memodifikasi motornya dengan mengganti diameter velg dengan ukuran yang lebih kecil. Misalnya motor suzuki Thunder yang di modifikasi bentuk chopper yang mau tidak mau mengganti diameter roda den… Read More
  • CARA MUDAH CEGAH KOMPRESI BOCOR PADA MOTOR MATIK Kinerja mesin motor matik pastilah lebih berat karena Penerus tenaga ke roda tidak menggunakan gigi bertingkat seperti gigi 1,2,3,4 yang membuat ringan kerja engine. Ditambah lagi sistem pendinginnya full kipas dari puta… Read More